detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 15:07 WIB

Dishub Jabar Akan Keluarkan Surat Edaran Aturan Skuter Listrik di Jalan Raya

Tri Ispranoto - detikNews
Dishub Jabar Akan Keluarkan Surat Edaran Aturan Skuter Listrik di Jalan Raya Foto: Tangkapan layar video viral
Bandung - Dishub Jabar memastikan belum ada regulasi yang mengikat untuk mengatur penggunaan skuter atau otopet listrik. Hingga kini moda transportasi tersebut masih disamakan dengan kendaraan nonmotor.

Kadishub Jabar Hery Antasari mengatakan keberadaan skuter listrik masih disamakan dengan kendaraan nonmotor layaknya sepeda, sehingga penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi jalan yang ada.

"Seharusnya berjalan di jalur-jalur yang sudah disediakan. Di Kota Bandung contohnya ada trotoar yang diperkenankan untuk masuk sepeda,"
kata Hery via sambungan telepon, Selasa (3/12/2019).

Meski begitu, Hery menegaskan, pengguna tetap harus mematuhi rambu dan marka jalan. "Itu berlaku untuk otopet listrik, tidak bisa digunakan ke jalan raya yang bukan seharusnya," katanya.

Pihaknya melihat aturan tersebut bukan hanya untuk keselamatan pengguna skuter listrik, tapi juga pengendara lainnya. Sebab, pengendara lain belum terbiasa dengan kehadiran skuter listrik dan bisa membahayakan dalam hal kewaspadaan interaksi di jalanan.

"Untuk sementara nanti akan kami keluarkan surat edaran, kerja sama dengan dishub di kota-kota lain (yang ada skuter listrik). Kami juga akan lihat izinnya seperti apa, karena kami belum tahu jenis izinnya seperti apa," ucapnya.



Kembali ditegaskan soal izin, Hery mengatakan hal itu belum ada. Hingga saat ini regulasi tersebut masih dalam tahap pembahasan.

"Regulasi memang belum ada, sekarang sedang dibahas. Mudah-mudahan akhir 2019 ini selesai. Nanti aturan dan pelarangan untuk di jalan
raya bisa di (atur) polres atau Polda, seperti di Jakarta," ucap Hery.

Diberitakan sebelumnya, tiga bocah menggunakan skuter GrabWheels hingga ke jalan layang Pasupati, Bandung, terekam dan viral di media sosial. Grab bakal melakukan investigasi terkait beredarnya video bocah tersebut.




Tonton video Saksi Mata: Petaka Pengguna Skuter Listrik:

[Gambas:Video 20detik]



(tro/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com