Detik-detik Avanza Tabrak Truk di Tol Cipali Tewaskan 6 Orang

Mukhlis Dinillah - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 22:38 WIB
Foto: Istimewa
Bandung - Polres Subang mengungkapkan kronologi kecelakaan maut di Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) yang menewaskan enam orang penumpang mobil Avanza nopol B 1076 PVC. Sopir memacu kendaraannya 100 kilometer per jam di jalur lambat.

Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani mengatakan mobil Avanza yang dikemudikan Sutarno berisi enam penumpang melaju dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. Sutarno mengemudikan kendaraannya di jalur lambat namun dengan kecepatan tinggi.

"Mobil Avanza itu berisi tujuh orang itu melaju kurang lebih kecepatan di atas 100 km per jam menabrak mobil truk yang sedang berjalan juga dengan kecepatan 60 km per jam," kata Teddy saat dihubungi, Minggu (1/12/2019).

Menurutnya sopir diduga tidak bisa mengendalikan kendaraannya hingga menabrak bagian belakang truk yang tengah melaju. Tabrakan yang keras membuat mobil masuk kolong truk dan terseret sejauh 100 meter.

"Pada saat nabrak sesuai berita acara dari supir truk dan penumpang truk, mereka merasanya pecah ban, enggak tahu kalau ketabrak. Karena merasa pecah ban mereka minggir, ternyata mobil yang terseret," jelas Teddy.

Ia menyebut lokasi kecelakaan ini tepatnya di KM 113 (wilayah Subang) memang dikenal sebagai titik jenuh di Tol Cipali. Apalagi bagi pengemudi atau kendaraan yang menempuh perjalanan jauh.

"Bisa jadi (sopir lalai) karena itu dari Jateng menuju Jakarta, KM 113 itu masuk Subang merupakan titik jenuh capeknya orang. Apalagi berangkat malem, subuh sampe TKP kemungkinan mengantuk," katanya.

Teddy mengatakan saat ini jenazah para korban sudah diambil pihak keluarga untuk dikebumikan di Boyolali dan Sragen. Sementara satu koran selamat yang mengalami luka berat, dirujuk ke rumah sakit di Boyolali.

"Atas permintaan keluarga dirujuk ke Boyolali untuk korban luka berat," ujar Teddy. (mud/ern)