Polisi Setop Buru Aset Bos Akumobil yang Dibeli Pakai Duit Korban

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 15:06 WIB
Barang bukti Akumobil. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Barang bukti Akumobil. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polisi kembali menyita aset milik bos Akumobil Bryan John Satya yang dibeli pakai duit konsumen. Sebuah mobil mewah disita polisi dari sebuah showroom.

Mobil bermerk Toyota Lexus berwarna hitam ini diduga dibeli Bryan menggunakan duit konsumen. Mobil itu oleh Bryan dititipkan di sebuah showroom yang berada di luar Kota Bandung.

"Untuk barang bukti ada penambahan satu unit mobil Lexus sekarang kita amankan, sekarang ada di daftar barang bukti kita," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri di Mapolrestabes Bandung, Sabtu (30/11/2019).


Sebelum menyita mobil Lexus, polisi juga sudah menyita sejumlah barang bukti lain berupa lima unit motor sport, lima mobil Fortuner, satu unit mobil mewah Mercedes Benz, satu mobil bak terbuka, mobil towing, perhiasan, uang Rp 300 juta dan tas bermerk.

Galih menyatakan, pihaknya memang belum menghitung secara total nilai aset yang sudah disita. Namun gambaran dari barang bukti, nilainya bisa menyentuh miliaran.

"Nilai belum dihitung, tapi ya bisa dilihat dari barang bukti angkanya lumayan tinggi," tuturnya.


Perburuan terhadap aset Bryan sendiri akan disetop. Pihaknya kini fokus pemberkasan untuk segera dilimpahkan ke kejaksaan.

"Sementara kita setop dulu. Kita fokus dulu ke pemberkasan. Ini biar bisa segera selesai dan kita berharap nanti putusan pengadilan seperti apa, ya kita harapkan yang terbaik untuk para konsumen," kata dia.


Dalam kasus ini, polisi sudah menetapkan 6 orang tersangka yakni Direktur Utama Akumobil Bryan John Satya, AY Direktur Keuangan, RS Direktur Divisi Motor, FR Direktur Operasional Marketing, MH Direktur Operasional dan MI Direktur HRD. Polisi menjerat mereka dengan Pasal 378 dan atau Pasal 372 tentang penipuan dan penggelapan.




Simak video Nasabah Geruduk Dealer Akumobil Minta Refund:

[Gambas:Video 20detik]



(tro/tro)