Bupati Ciamis Minta Guru Sosialisasikan Program Magrib Mengaji

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 14:54 WIB
Bupati Ciamis minta guru sosialisasikan program Magrib Mengaji. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Peringatan Hari Guru 2019 menjadi kesempatan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya untuk mengajak para insan pendidik mensosialisasikan program gerakan Magrib Mengaji kepada para pelajar.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis mengeluarkan surat edaran tentang gerakan Magrib Mengaji dan salat berjamaah. Kini setiap masjid di Ciamis nampak spanduk sosialisasi gerakan tersebut.

"Pada momen ini, saya mengajak kepada para guru SD, SMP dan SMA untuk mensosialisasikannya. Terutama kepada anak-anak," ujar Herdiat saat peringatan Hari Guru di PGRI Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Sabtu (30/11/2019).


Setelah beberapa waktu diluncurkan, program itu berjalan dengan baik. Beberapa kantor pemerintahan dan masjid serta di tempat strategis juga wisata di Ciamis terpasang spanduk ajakan gerakan Magrib Mengaji dan salat berjamaah. Setiap magrib masjid kini ramai dengan anak-anak mengaji.

"Kami bercita-cita ingin melahirkan generasi penerus selain memiliki kecerdasan juga berprilaku islami dan berakhlak mulia. Dengan kerja keras semuanya, terutama guru yang bersentuhan langsung dengan anak-anak ini bisa terwujud," ucapnya.


Guru merupakan sosok penting untuk membangun sumber daya manusia. Herdiat mengingatkan para guru di Ciamis untuk mengembangkan inovasi dan kreatif dalam memberikan ilmu. Guru harus bisa mengimbangi era teknologi yang semakin canggih dan mengarahkan anak-anak dalam menggunakan teknologi ke arah positif.

"Guru harus bisa mengimbangi teknologi, karena teknologi ada positif dan negatif. Seperti informasi lebih cepat masuk, tapi tidak sedikit juga dampak negatifnya. Intinya harus bisa berinovasi," katanya. (tro/tro)