SHGB Tak Terbit, Pembangunan Rumah Subsidi di Cirebon Bakal Mandek

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 18:07 WIB
Foto: Istock
Foto: Istock
Cirebon - Pembangunan belasan ribu rumah murah bersubsidi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, yang telah mengantongi izin terancam tak bisa direalisasikan. Sebab, Badan Pertanahan Nasional (BPN) tak kunjung menerbitkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) induk untuk para pengembang perumahan.

Keputusan tersebut membuat puluhan pengembang atau developer perumahan yang tergabung dalam sejumlah organisasi seperti Real Estate Indonesia (REI), Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) meradang.


Menurut Ketua REI Wilayah III Cirebon Gunadi, puluhan pengembang perumahan yang belum menerima sejatinya telah melalui proses perizinan sesuai prosedur. Ia heran dengan belum juga diterbitkannya SHGB induk bagi puluhan pembangunan perumahan yang ada di Cirebon.

"Ada 40 pengembang yang belum mendapatkan itu (SHGB induk), ini hak teman-teman. Jadi, sekitar 12 ribu unit rumah subsidi yang (pembangunannya) tertunda. Kalau ini terhambat, bagaimana 2020 nanti," kata Gunadi, Jumat (29/11/2019).


Gunadi mengaku belum mengetahui secara persis kerugian akibat hal itu. "Nominalnya kurang tahu. Ada yang Rp 3 miliar, Rp 5 miliar dan lainnya," kata Gunadi.


Simak Video "Sukabumi Diterjang Hujan Badai, Belasan Rumah Rusak!"

Selanjutnya
Halaman
1 2