Renovasi Pasar Kosambi Bandung Molor

Mochamad Solehudin - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 13:42 WIB
Pasar Kosambi, Bandung, yang terbakar pada Mei 2019. (Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Renovasi Pasar Kosambi yang ditargetkan selesai akhir November tahun ini diperkirakan tidak dapat terealisasi. Sebab, saat ini proses renovasi masih dalam tahap pengerjaan.

"Kan mereka tadinya sampaikan siap akhir bulan (November). Tapi saya melihat sepintas masih ada beberapa persiapan. Saya pikir lebih baik benar-benar siap, jangan sampai ada debu dan barangkal (sisa-sisa material bangunan), nggak nyaman," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Jumat (29/11/2019).

Sebagaimana diketahui, Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, dilanda kebakaran pada Mei 2019. Kebakaran itu menghanguskan ruang dagang yang berada pada area semi-basement pasar tersebut.


Pascakebakaran pasar, Pemkot Bandung melalui perusahaan daerah PD Pasar selaku pengelola melakukan renovasi beberapa bagian pasar yang terbakar. Targetnya akhir November renovasi selesai. Para pedagang yang kini menempati tempat berdagang sementara juga bisa kembali menempati ruang dagang tersebut.

Namun rencana renovasi selesai pada November 2019 tidak bisa terealisasi. Sebab, menurut Yana, ruang semi-basement yang akan ditempati para pedagang harus benar-benar nyaman. Selain itu, perpindahan para pedagang juga harus dilakukan secara bersamaan.

"Sama-sama (pindah) ketika PD Pasar siap, pedagang siap. Jangan bertahap," ucap Yana.

Untuk harga sewa yang dinilai memberatkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada PD Pasar. Dia hanya ingin memastikan para pedagang yang terkena musibah bisa kembali berjualan.

"Soal keringanan (harga sewa), itu soal PD Pasar," ujar Yana. (mso/bbn)