Serah Terima Jabatan Kapolres Bandung Disambut Atraksi Debus

Wisma Putra - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 18:37 WIB
Serah terima jabatan Kapolres Bandung disambut atraksi debus. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Serah terima jabatan Kapolres Bandung disambut atraksi debus. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Serah terima jabatan Kapolres Bandung dari AKBP Indra Hermawan kepada AKBP Hendra Kurniawan disambut penampilan pendekar debus.

Pantauan detikcom Senin (25/11/2019), usai melakukan prosesi pedang pora beragam kesenian Sunda ditampilkan mulai lengser, tari merak, silat hingga seni debus.


Atraksi debus yang dilakukan oleh Aiptu Solihin mendapat sambutan meriah. Solihin berbaring di atas meja yang berisikan banyak paku, lalu disimpan batu di atasnya dan dipukul hingga mengeluarkan asap dan ledakan. Tak hanya itu, Hendra juga berdecap kagum saat mengeluarkan jarum yang ditusukkan di kulit tangan, badan dan leher anggotanya.

Hendra bukanlah orang baru di lingkungan Polres Bandung. Sekitar 14 tahun lalu, Hendra pernah menjadi Kasat Reskrim dan Kabagops Polres Bandung. Hendra mengaku bersyukur bisa kembali.

"Pertama-tama saya sangat bersyukur bahwa setelah 14 tahun saya kembali ke sini. Ini buah hasil perjuangan saya selama bertugas," katanya usai acara.


Selain itu, Hendra juga mengapresiasi perubahan status Polres Bandung menjadi Polres Kota Bandung yang tidak lama lagi akan diresmikan oleh Kapolda Jabar. Menurutnya kemajuan Polres Bandung sangat pesat.

"Saya melihat perubahan Polres Bandung menjadi Polresta Bandung dalam waktu 14 tahun ini luar biasa. Saya tinggal melanjutkan arahan pimpinan. Harapannya ke depannya harus menjadi lebih baik dan operasionalnya lebih bagus," ucapnya.

Serah Terima Jabatan Kapolres Bandung Disambut Atraksi DebusFoto: Wisma Putra
Ia menambahkan, pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat akan lebih ditingkatkan. "Pelayanan masyarakat dan perlindungan, juga pengayoman penegakan hukum harus lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu, AKBP Indra Hermawan mengatakan, banyak suka dan duka yang ia rasakan selama menjabat menjadi Kapolres Bandung.

"Selama 20 bulan kita bersama, banyak suka duka yang telah kita lewati. Sukanya banyak di saya, dukanya banyak di rekan-rekan sekalian, untuk itu saya beserta keluarga dari lubuk hati yang terdalam mohon maaf apabila ada kesalahan selama tugas di sini, selama saya berada di sini," ujarnya.

Serah Terima Jabatan Kapolres Bandung Disambut Atraksi DebusFoto: Wisma Putra
Setelah melepas jabatan sebagai Kapolres Bandung, Indra menjadi Wadirkrimum Polda Jabar.

"Berkat kerja keras bersama Polres Bandung menjadi Polresta Bandung. Saya bersyukur, silaturahmi ini jangan terputus, saya hanya bergeser menjadi Wadirkrimum Polda Jabar nanti juga kita akan bertemu lagi," ujarnya. (tro/tro)