Sejahtera Bersama Melalui Bank Sampah BUMDes Kalibangka Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 17:42 WIB
Bank sampah di BUMDes Kalibangga, Kabupaten Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Penanganan sampah merupakan salah satu masalah yang klasik. Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomi.

Salah satunya di Desa Kalibangka, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kalingbangka membuka program bank sampah. Sejak April lalu, BUMDes Kalibangka telah menerima tabungan dari warga setempat dalam bentuk sampah atau rongsok.

"Sejak April 2019 lalu. Alhamdulillah, program bank sampah ini disambut luar biasa oleh masyarakat," kata Ketua Bank Sampah BUMDes Kalibangka Mohamad Dasuki saat berbincang dengan detikcom, Senin (25/11/2019).


Dasuki menerangkan, nasabah bank sampah diberikan pemahaman terlebih dahulu terkait jenis-jenis sampah yang bisa ditabung. Setelah itu, pihaknya memfasilitasi para nasabah dengan buku tabungan khusus.

"Kita membuat pos-pos bank sampah di masing-masing blok. Nah, di pos-pos tersebut kita lakukan penimbangan setiap dua minggu sekali," kata Dasuki.

Lebih lanjut, Dasuki menyebutkan, untuk sampah jenis botol dihargai sebesar Rp 2 ribu per kilogram. Sedangkan untuk sampah-sampah selain daun seperti bekas makanan dihargai sebesar Rp 200 per kilogram.


Tonton juga Menyulap Selokan Kotor Jadi Kolam Ikan :




Selanjutnya
Halaman
1 2