Pemerintah Kucurkan Rp 250 Miliar Bangun Tanggul Tsunami di Palu

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 19:06 WIB
Foto: Wamen PUPR dan sejumlah pejabat daerah di Palu pastikan akan bangun tanggul tsunami Palu dengan dana Rp 250 miliar (Antara Foto)
Foto: Wamen PUPR dan sejumlah pejabat daerah di Palu pastikan akan bangun tanggul tsunami Palu dengan dana Rp 250 miliar (Antara Foto)
Palu - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan Rp 250 miliar untuk bangun tanggul tsunami di Kota Palu, Sulteng. Tanggul itu akan dibangun sepanjang 7,2 km di Teluk Palu.

Tanggul yang dibangun dengan dana utang luar negeri tersebut diberi nama Tanggul Laut Silae, Lere, Besusu Barat dan Talise (Silebeta). Alasan pemberian nama itu karena dibangun di sepanjang empat kelurahan itu.

Pembangunan tanggul laut itu ditandai dengan pemecahan kendi tanda dimulainya pembangunan rehabilitasi dan rekonstruksi jalan nasional dan non-nasional Sulawesi Tengah serta Tanggul Laut Silebeta oleh Wakil Menteri PUPR, Jhon Wempi Wetipo dan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola di Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi, Palu, Minggu sore.

"Tanggul laut yang dibangun untuk menghalangi air laut agar tidak masuk ke jalanan seperti sekarang dan sebagai antisipasi jika terjadi tsunami,"kata Jhon Wempi yang dilansir Antara, Minggu (24/11/2019).



Ia menyebut Tanggul Laut Silebeta akan dibangun setinggi tiga meter, mengingat ketinggian air laut maksimal di kawasan Teluk Palu mencapai 2,6 meter.

"Tadi sudah dijelaskan bahwa kawasan Teluk Palu terdampak tsunami yang dibangun tanggul laut akan lebih bagus dan lebih baik daripada sebelumnya," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2