detikNews
Jumat 22 November 2019, 19:13 WIB

2 Pria Sempat Ditangkap Usai Ma'ruf Amin Salat Jumat di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
2 Pria Sempat Ditangkap Usai Maruf Amin Salat Jumat di Cirebon Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Aparat keamanan sempat menangkap dua orang mencurigakan usai Wakil Presiden Ma'ruf Amin salat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Kota Cirebon, Jawa Barat, Jumat (22/11/2019). Dua pria yang diamankan itu berinisial Y dan I

"Kita menindaklanjuti laporan dari Dandim Kota Cirebon. Sudah kita periksa di polsek. Ternyata yang bersangkutan ini peserta Festival Tajuk, kemudian menggunakan kartu panitia juga. Ya ada kesalahpahaman," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy kepada di markas Kodim 0614/Kota Cirebon, Jalan Pemuda Kota Cirebon, Jawa Barat.


Roland menyebut dua pria tersebut peserta Festival Tajuk yang hendak mengabadikan momen azan pitu atau azan tujuh yaitu tujuh orang mengumandangkan azan sebelum salat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

"Setelah mendokumentasikan azan pitu, ada satu orang ini tidak ikut salat. Sehingga menimbulkan kecurigaan," kata Roland.

"Sejauh ini tidak ada indikasi-indikasi yang mengarah ke sana (aksi teror)," ujar Roland.

Senada disampaikan Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Herry Indriyanto. "Pas salat ternyata orang ini tidak melaksanakan. Pas kita tangkap, cek dan periksa ternyata nonmuslim," ucap Herry.


Herry menjelaskan saat itu posisi Y dan I berjarak enam saf dari posisi Ma'ruf. "RI 2 masih sangat aman. Tidak ada apa-apa. Kita sudah serahkan ke polisi untuk penanganan lebih lanjut," tutur Herry.

Sekadar diketahui, Ma'ruf Amin menghadiri acara pembukaan Festival Tajuk 2019 yang berlangsung di Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon. Pelaksanaan acara berlangsung aman.
(bbn/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com