Pemkot Bandung Mulai Chickenisasi Cegah Pelajar Kecanduan Gadget

Mochamad Solehudin - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 13:34 WIB
Pemkot Bandung memulai progam 'chickenisasi' atau bagi-bagi ayam pada pelajar untuk cegah kecanduan gadget. (Mochamad Solehudin/detikcom)
Lebih jauh Oded menjelaskan, pemberian anak ayam kepada para pelajar juga bagian dari upaya revolusi mental. Melalui pemeliharaan ayam ini anak-anak bisa lebih disiplin dan bertanggung jawab.

"Jadi bukan semata-mata mengalihkan perhatian dari gadget, bukan itu. Konsep ini membuka ke depannya pemuda menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif, sehingga memiliki pemikiran yang terintegrasi," ucapnya.

Pemkot Bandung Mulai Chickenisasi Cegah Pelajar Kecanduan GadgetFoto: Mochamad Solehudin/detikcom
Di sisi lain, program 'chickenisasi' juga bisa dipadukan dengan gerakan Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) sampah. Karena sisa makanan yang dihasilkan bisa menjadi pakan untuk anak-anak ayam yang dipelihara.

"Jadi dimensi lainnya ini berkaitan dengan program Kang Pisman. Kalau ada remah, sisa makanan, kasih saja ke ayam. Kalau anaknya tidak sempat (memberi makan), ya bisa sama orang tuanya," katanya.


Sementara itu, Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menambahkan, untuk tahap awal baru ada 2.000 anak ayam yang disiapkan. Untuk dananya sendiri bersumber dari CSR.


Dalam pendistribusiannya, kata dia, setiap siswa akan mendapat satu ekor anak ayam. Mereka akan dibagi dalam kelompok untuk nantinya dipelihara di salah satu rumah siswa.

"Nanti dilaporkan bagaimana kondisi dan perkembangannya. Para siswa sewaktu-waktu harus membawa anak ayam juga ke sekolah untuk cek kesehatan," ujarnya.
Halaman

(mso/tro)