detikNews
Minggu 10 November 2019, 18:59 WIB

Kakek Tewas Saat Memadamkan Kebakaran Kebun di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Kakek Tewas Saat Memadamkan Kebakaran Kebun di Ciamis Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Ciamis - Komon tewas di kebun warga yang terbakar di Dusun Cibeka, RT 15 RW 5, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (10/11/2019). Kakek berusia 84 tahun itu diduga sempat berupaya memadamkan api.

Kepala Desa Karangkamulyan M Abdul Haris mengatakan awalnya warga setempat tak mengira ada korban di tempat kejadian. "Saat api berhasil dipadamkan ternyata ada korban sudah tergeletak, atas nama Komon. Diduga meninggal karena kehabisan napas saat mencoba memadamkan api," ujar Haris saat dihubungi detikcom.


Menurut Haris, Komon diduga membakar sampah di kebun yang tak jauh dari rumahnya. Namun karena tiupan angin yang cukup besar membuat api menjalar ke daun-daun kering. Seketika api berkobar besar melalap kebun.

Setelah api padam, warga kaget melihat Komon telah tergeletak di area kebakaran. Tubuhnya terbakar.

Aparat desa langsung melaporkan kejadian tersebut ke polisi. "Jasad korban dievakuasi dan dimandikan untuk selanjutnya dimakamkan oleh pihak keluarga," ucap Haris.


Di Desa Karangkamulyan masih banyak lahan kebun milik warga. Haris mengimbau kepada warganya untuk waspada kejadian kebakaran lahan.

"Jangan membakar sampah sebaiknya dibuang ke tempat sampah nantinya akan diangkut. Tetap jaga lahan, bila ditemukan ada api langsung segera padamkan meminta bantuan tetangga dan warga lainnya," ujar Haris.


Simak juga video "Puluhan Kios Penampungan Pedagang Pasar Pelita Sukabumi Terbakar" :

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com