detikNews
Kamis 07 November 2019, 17:10 WIB

Korban Penipuan Akumobil Tembus 1.000 Orang, Kerugian Rp 100 M

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Korban Penipuan Akumobil Tembus 1.000 Orang, Kerugian Rp 100 M Konsumen Akumobil saat mendatangi Mapolrestabes Bandung. (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Jumlah korban kasus penipuan penjualan kendaraan murah Akumobil bertambah. Saat ini jumlah korban yang tercatat Polrestabes Bandung mencapai seribu orang.

"Sementara yang kami data, korban untuk mobil ada 1.342 (orang)," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (7/11/2019).


Selain korban pembelian roda empat, polisi mencatat jumlah korban yang membeli sepeda motor. Untuk sepeda motor, Akumobil juga memberikan harga spesial di bawah pasaran.

"Untuk yang motor ada 408 konsumen," katanya.

Rifai menjelaskan Akumobil menjual mobil murah yang dilakukan dalam sebuah event 'flash sale'. Dalam event itu, Akumobil menawarkan mobil murah seharga Rp 50-59 juta.

Menurut dia, para korban yang tercatat ini ada yang sudah membayar lunas, ada juga yang baru membayar down payment (DP).

"Ada yang sudah bayar DP tapi belum dikembalikan (uangnya)," ucap Rifai.


Ia menambahkan, dari jumlah korban lebih dari 1.000 orang, pihaknya menaksir kerugian korban mencapai ratusan miliar rupiah. Jumlah ini masih akan bertambah seiring dengan munculnya korban yang mengadu.

"Sekitar Rp 100 miliar (nilai kerugian)," ujar Rifai.




Nasabah Geruduk Dealer Akumobil Minta Refund:

[Gambas:Video 20detik]




(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com