detikNews
Selasa 05 November 2019, 12:03 WIB

Antri Dokter, Aplikasi yang Mudahkan Pasien Berobat di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
Antri Dokter, Aplikasi yang Mudahkan Pasien Berobat di Tasikmalaya Antri Dokter, aplikasi yang mudahkan berobat saat di Tasikmalaya. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Antre lama saat mendapatkan pelayanan medis sudah jadi hal lumrah dialami pasien umum atau BPJS saat berobat. Mereka harus rela menunggu berjam-jam untuk mendapat pelayanan medis mulai mendaftar, diperiksa dokter hingga mendapatkan obat-obatan.

Berawal dari pengalaman pribadinya, Gaga Herdiana membuat sebuah aplikasi yang bisa memudahkan para pasien saat berobat. Aplikasi itu diberi nama Antri Dokter.

"Awalnya pengalaman keluarga sendiri, anak saya yang besar hampir setiap bulan sakit jadi memang antrean itu cukup habiskan waktu. Maka saya berpikir bagaimana cara bisa bisa cepat di dokter, bikinlah aplikasi Antri Dokter," ucap Gaga, Selasa (5/11/2019).


Melalui aplikasi ini, pasien bisa memilih waktu pengobatan yang diinginkan. Selain itu pasien bisa melihat nomor antrean sehingga bisa mengatur jadwal keberangkatan dari rumah.

"Jadi pas datang bisa langsung diperiksa dokter," ucapnya.

Antri Dokter, Aplikasi yang Mudahkan Pasien Berobat di TasikmalayaFoto: Deden Rahadian
Kini hampir seluruh klinik di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, sudah bekerja sama menggunakan aplikasi ini. Seperti terlihat di Klinik Vita Medika, Jalan Raya Mitra Batik yang sudah menggunakan aplikasi sejak Senin kemarin.

Melalui aplikasi yang diterapkan itu, pasien hanya membutuhkan waktu lima hingga sepuluh menit saja saat berobat. Meski hanya tersedia untuk sistem Android, namun pasien tetap bisa mengaksesnya secara manual di klinik.

"Hampir semua klinik di Tasikmalaya sudah kerja sama. Bahkan sekarang sudah ada lebih 50 dokter yang gabung," katanya.

Keberadaan aplikasi ini dirasakan manfaatnya oleh pasien. Salah satunya Desi Herawati yang merasa terbantu karena tak perlu lagi menunggu lama saat antre berobat. "Terbantu sekali, jadi tau waktu enggak perlu tunggu lama," ucapnya.


Tidak hanya bagi pasien, manfaat aplikasi ini juga dirasakan oleh dokter. Melalui aplikasi ini dokter bisa membatasi jumlah pasien dan memberikan informasi lain.

"Kita kan selama ini tidak bisa menolak pasien yang sudah terlanjur datang ke klinik. Tapi melalui aplikasi ini pasien sebelum datang sudah tahu batas antrean atau kalau kita sedang libur," kata Erna Karlina, Dokter Klinik Vita Medika.

Ia berharap keberadaan aplikasi ini bisa membawa manfaat yang besar sekaligus memberi pelayanan yang lebih nyaman dan efektif dalam hal kesehatan.




Simak juga video Jangan Asal Diagnosis! Ini Tanda Depresi yang Mudah Dikenali:

[Gambas:Video 20detik]




(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com