2 Hari Operasi Zebra di Jabar, 16 Ribu Pengendara Ditilang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 13:08 WIB
Ilustrasi polisi tilang pengendara. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Operasi Zebra 2019 sudah berlangsung selama dua hari. Dalam kurun waktu itu, sekitar 16 ribu pengendara di Jawa Barat ditilang polisi lalu lintas (polantas).

KBO Ditlantas Polda Jabar AKBP Asep Pujiyono mengatakan dalam operasi operasi ini jajaran Polantas di Jabar melakukan penindakan sebanyak 21.426 pelanggar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 16.204 ditilang.

"Ada 16.204 yang kita lakukan penindakan berupa tilang. Sementara sisanya 5.222 diberi teguran," ucap Asep saat dihubungi, Jumat (25/10/2019).


Selain penindakan pelanggaran, dalam operasi ini juga tercatat terjadi sejumlah kecelakaan lalu lintas. Ada enam kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban jiwa luka ringan hingga meninggal dunia.

"Untuk kejadian kecelakaan, ada enam kejadian dengan korban meninggal dunia empat orang, luka berat dua orang dan luka ringan sebelas orang," tuturnya.

Operasi Zebra Lodaya sudah berlangsung sejak 23 Oktober 2019 lalu. Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi sebelumnya meminta agar anggotanya melakukan penindakan secara humanis dalam operasi yang digelar selama 14 hari itu.

"Saya hanya berpesan satu, bagi anggota tetaplah bijak dalam mengambil keputusan dalam layanan kepada masyarakat. Jangan arogan," ucap Rudy di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (23/10).




Tonton video Jurus Ilegal Anti Tilang Ganjil Genap:

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)