detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 19:02 WIB

Warga Nyalindung Sukabumi Geger Ular Kobra Masuk ke Rumah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Warga Nyalindung Sukabumi Geger Ular Kobra Masuk ke Rumah Warga tangkap ular kobra di Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. (Foto: Istimewa)
Sukabumi - Ular kobra sepanjang 1,5 meter tiba-tiba nyelonong ke permukiman warga di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sontak warga geger karena ular berwarna hitam legam itu bersembunyi ke tumpukan genting pekarangan rumah salah seorang warga.

"Kejadian sekitar pukul 16.00 WIB, ada warga datang memberitahukan katanya ada ular. Karena warga tahunya saya sudah terbiasa evakuasi ular, akhirnya datang dan evakuasi ular yang bersembunyi di tumpukan genting itu," kata Asep Has, warga setempat, Rabu (23/10/2019).


Asep menduga, ular itu masuk ke permukiman warga karena kelaparan. Karena musim kemarau biasanya ular sulit mencari hewan buruan di area semak-semak perbukitan.

"Mereka enggak niat mengganggu, hanya kelaparan lalu mencari makan tikus atau apa sampai ke permukiman. Warga juga tidak sampai panik lalu bunuh (ular), karena saya sering bilang ke warga kalau ada hewan liar jangan dibunuh. Makanya mereka kalau ada apa-apa pasti lapornya ke saya," katanya.


Kurang dari 10 menit ular kobra itu akhirnya berhasil dievakuasi. Dengan tenang Asep menarik ekor lalu memegangi kepala sang ular. Evakuasi sempat berjalan alot karena Asep dibantu warga hanya menggunakan pencukil kayu.

"Jenis kobra memang banyak di Nyalindung. Tadi saya masukkan ke karung lalu dilepas liarkan lagi jauh dari permukiman warga" ujar Asep.


Simak juga video "Ular Piton Raksasa Ditemukan di Bengkalis, Panjangnya 8 Meter" :

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com