Sempat Tertutup Pohon Tumbang, Jalan Pangalengan-Kertasari Kembali Dibuka

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 12:11 WIB
Foto: Wisma Putra/detikcom
Kabupaten Bandung - Akses jalan yang tertutup di Jalan Raya Pangalengan-Kertasari sudah dibuka. Alat berat terlihat masih menyingkirkan sebagian pohon tumbang yang menutup sebagian jalan tersebut.

Pantauan detikcom, Selasa (22/10/2019), tiga unit alat berat jenis backhoe dan loader milik Dinas PUPR dan BPBD Kabupaten Bandung membereskan potongan batang pohon yang tumbang. Jalan penghubung Pangalengan-Kertasari itu akhirnya bisa dilalui pukul 09.00 WIB.

"Sejak pukul 09.00 WIB jalan penghubung Pangalengan-Kertasari sudah dapat dilintasi, tapi belum 100 persen," kata Kapolsek Pangalengan Kompol Umar Said di Posko BPBD Kabupaten Bandung.

Saat jalan penghubung tersebut disusuri, ratusan pohon dengan beragam ukuran dari ukuran kecil hingga besar tumbang. Pohon-pohon itu tumbang hingga ke akar-akarnya.


Meski sudah dapat dilintasi, jalan tersebut belum sepenuhnya bersih karena masih banyak pohon yang belum dievakuasi sehingga jalan baru dapat dilintasi sebagian.

"Ada yang sudah bisa dilintasi dua lajur, ada juga yang masih satu jalur. Tim gabungan sudah diterjunkan ke lokasi, mudah-mudahan hari ini selesai," ungkapnya.

Berdasarkan catatan petugas Kecamatan Pangalengan, jumlah pohon tumbang di kawasan pemukiman dan sepanjang jalan raya penghubung Pangalengan-Kertasari mencapai 700 pohon.

Umar mengimbau masyarakat yang kerap melintasi jalan tersebut tidak menepi di bawah pohon apabila terjadi angin kencang.

"Angin masih terjadi, saya harap masyarakat tetap berhati-hati," pungkasnya.




Tonton juga video Diterjang Angin Berdebu, Bangunan Warga di Desa Sumberbrantas Rusak!:

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)