detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 13:38 WIB

21 Komputer Milik SMPN 1 Banjarwangi Garut Raib Digondol Maling

Hakim Ghani - detikNews
21 Komputer Milik SMPN 1 Banjarwangi Garut Raib Digondol Maling 21 unit komputer milik SMPN 1 Banjarwangi Garut dicuri. (Foto: Dok. Polsek Banjarwangi)
Garut - Puluhan komputer milik SMPN 1 Banjarwangi, Kabupaten Garut, raib digondol maling. Polisi turun tangan menyelidiki kasus tersebut.

Kejadian itu terjadi Rabu (16/10/2019). Menurut Kapolsek Banjarwangi Ipda Masrokhan, ada 21 komputer sekolah yang dicuri pelaku.

"Ada 21 komputer dan server sekolah yang dicuri. Sedang kami selidiki," ujar Masrokhan saat dihubungi wartawan, Kamis (17/10/2019).


Aksi pencurian tersebut pertama kali diketahui oleh guru sekolah tersebut. Guru-guru heran lantaran pintu ruangan komputer sudah terbuka. Selain itu, bagian tembok belakang ruangan tersebut juga diduga dijebol para pelaku.

Selain mencuri 21 unit komputer yang diketahui merupakan bantuan dari pemerintah tahun 2017 lalu, pelaku juga membawa kabur server milik sekolah.

"Untuk sementara, kerugian ditaksir Rp 180 jutaan," katanya.

21 Komputer Milik SMPN 1 Banjarwangi Garut Raib Digondol MalingFoto: Dok. Polsek Banjarwangi
Jajaran Polsek Banjarwangi yang mengetahui kejadian tersebut langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. Polisi memprediksi pelaku lebih dari satu orang.


Sementara pihak sekolah sangat dirugikan dengan kejadian ini. Pasalnya, komputer-komputer itu dipersiapkan untuk siswa yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Mohon waktu sedang kami selidiki," ujar Masrokhan.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com