detikNews
Sabtu 12 Oktober 2019, 15:17 WIB

2 Warga Ciamis Tewas Tenggelam Saat Bersihkan Sumur Masjid

Dadang Hermansyah - detikNews
2 Warga Ciamis Tewas Tenggelam Saat Bersihkan Sumur Masjid Proses evakuasi 2 korban tewas tenggelam saat membersihkan sumur masjid di Ciamis. (Foto: Dok. BPBD Ciamis)
Ciamis - Supriatna (44) dan Wawan (48) warga Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal dunia saat membersihkan sumur di Masjid Al Barkah, Sabtu (12/10/2019). Penyebab keduanya meninggal dunia belum diketahui, namun dugaan sementara tenggelam di dalam sumur.

"Benar, dua orang warga meninggal dunia saat membersihkan sumur. Untuk penyebabnya anggota masih olah tempat kejadian," ujar Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Risqi Akbar.


Menurut informasi, kejadian tersebut berawal dari kegiatan kerja bakti membersihkan sumur masjid. Karena sumur sudah mengeluarkan bau, warga berniat menyedot sumur yang memiliki kedalaman 10 meter. Tinggi permukaan air sekitar 3 meter dari dasar sumur.

Saat itu, korban atas nama Supriatna menyalakan mesin pompa air. Setelah disedot selama satu jam, volume air sumur mulai berkurang. Namun, ujung selang tidak sampai menjangkau air dalam sumur.

Korban lalu turun ke dalam sumur untuk menurunkan mesin pompa air, supaya selang kembali menyedot air. Lalu, korban kemudian mencari bambu untuk menopang mesin agar tidak jatuh ke dalam sumur.


Setelah ditopang menggunakan bambu, korban kembali menghidupkan mesin. Lalu turun ke dalam sumur untuk mendekatkan selang ke dasar sumur. Tak berselang lama, korban berteriak dan mengaku kepanasan.

Korban atas nama Wawan kemudian masuk ke dalam sumur untuk menolong korban Supriatna. Tapi, Supriatna sudah tenggelam. Wawan lalu meminta tolong rekannya yang di atas menurunkan tambang. Tapi, nahas Wawan yang mencoba menolong, malah ikut tenggelam.

"Warga langsung melaporkan kejadian ini ke Polsek Kawali," ucap Risqi.

Setelah mendapat laporan, anggota kepolisian, TNI dan BPBD Kabupaten Ciamis tiba di lokasi kejadian. Mereka mengevakuasi kedua korban dari dalam sumur. Keduanya telah meninggal dunia saat dievakuasi.




Tonton juga video Dua Pria Tewas Setelah Hirup Gas Beracun di Sumur:

[Gambas:Video 20detik]



(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com