detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 11:50 WIB

Helikopter Bom Air Dikerahkan untuk Padamkan Api di Kawah Putih

Wisma Putra, Dony Indra Ramadhan - detikNews
Helikopter Bom Air Dikerahkan untuk Padamkan Api di Kawah Putih Kebakaran hutan di kawasan wisata Kawah Putih. (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - ADM Perhutani KPH Bandung Selatan Tedy Sumarto menjelaskan api masih muncul di kawasan wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Rencananya helikopter bom air dikerahkan untuk membantu memadamkan api yang membakar hutan di area tersebut.

"Masih terbakar. Titik apinya ada di kawasan Sunan Rama, berbatasan dengan Cipanganten," kata Tedy di Pos Karhutla Kawah Putih, Rabu (9/10/2019).


Kepulan asap terlihat menjulang tinggi hingga siang ini. Menurut Tedy, pihak BNPB akan menerjunkan helikopter bom air ke lokasi kebakaran pada sore ini.

"Helikopter sekarang lagi perjalanan dari Pekanbaru menuju Lanud Husein, Kota Bandung. Helikopter itu akan tiba sekitar pukul 16.00 WIB," ucapnya.

Ia belum mengetahui teknis pemadaman api. Menurutnya, teknis di lapangan nanti akan dibahas oleh pihak BNPB, Lanud, dan Polres Bandung.

"Nantinya sumber air akan membawa dari Jatiluhur, Purwakarta," ujar Tedy.

Kabidhumas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan petugas pemadam kebakaran masih bersiaga di sekitar lokasi kebakaran.

"Tim damkar akan melakukan 'penyuntikan' atau pendinginan titik-titik api di seputaran Kawah Putih," kata Truno.



Tonton juga video Api Masih Berkobar, Obyek Wisata Kawah Putih Ditutup Sementara:

[Gambas:Video 20detik]




(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com