detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 14:57 WIB

Polda Jabar Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Malabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polda Jabar Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Malabar Kebakaran di area hutan Gunung Malabar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Polda Jabar menyelidiki kasus kebakaran hutan di Gunung Malabar, Kabupaten Bandung. Penyebab kebakaran tersebut ditelusuri polisi guna memastikan ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Dalam hal ini, kepolisian khususnya Polda Jabar dan Polres Bandung sudah melakukan langkah ke TKP. Untuk penyelidikan tetap kita lakukan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (8/10/2019).


Truno mengatakan ada dua hal yang jadi fokus penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut. Menurut Truno, kebakaran bisa terjadi karena disengaja atau faktor tidak sengaja.

"Sengaja berarti jelas ada orang yang melakukan pembakaran, namun faktor lain ada tidak kesengajaan. Seperti disampaikan titik lokasi ini tempat wisata, kan ini tempat orang berkumpul dan datang ke wisata tersebut. Terdiri dari ada yang merokok, puntung rokok dilempar ke lokasi yang mudah terbakar seperti rumput dan alang-alang, jadi potensi mudah terbakar," tutur Truno.


Saat ini proses pemadaman masih dilakukan. Polisi berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung untuk melalukan pemadaman.

"Aksesnya memang sulit ke lokasi yang terbakar, karena daerah pegunungan. Tapi upaya pemadaman terus dilakukan," kata Truno.




Tonton juga video Kebakaran Lahan Gambut Gunung Malabar Merambat ke Gunung Puntang:

[Gambas:Video 20detik]




(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com