detikNews
Senin 07 Oktober 2019, 23:42 WIB

Polisi Buru Dalang Pengedar Uang Asing Palsu di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Polisi Buru Dalang Pengedar Uang Asing Palsu di Cirebon Barang bukti uang asing palsu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Polisi meringkus dua pengedar uang asing palsu di Kota Cirebon, Jawa Barat. Polisi masih memburu pelaku lainnya.

Hasil pemeriksaan polisi, kedua pelaku yang ditangkap, S (43) dan M (52), mengaku mendapat instruksi dari pelaku lainnya, yang berinisial E untuk datang ke Cirebon. Petugas mendalami peran E dalam sindikat tersebut.

Pelaku berinisial E disebut-sebut sebagai dalang pengedaran uang palsu (upal). Sebab, E menyuruh kedua pelaku untuk membawa upal dan mengedarkannya di Cirebon. "Ya satu orang masih DPO, inisial Abah E. Dua pelaku warga Jakarta yang diamankan ini dapat perintah dari Abah E untuk mengedarkan upal di Cirebon," ucap Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy di Mapolresta Cirebon, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

Polisi mendalami modus operandi para pelaku pengedar upal tersebut. "Kemungkinan upal ini akan dibelanjakan di Cirebon. Pas kita tangkap memang belum diedarkan, tapi ingin diedarkan," kata Roland.


Di tempat yang sama, pelaku inisial M mengaku hanya mendapat perintah dari E untuk membawa upal dan master pencetak upal ke Cirebon. M baru pertama kali terlibat dalam bisnis haram tersebut.

"Baru sekali. Hanya diperintah ke Cirebon bawa ini. Kalau cetak uangnya di Jakarta," kata M.

Kedua pelaku tersebut diringkus polisi di salah satu hotel, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (6/10). Jumlah upal yang disita polisi terdiri 104 lembar pecahan 100 dolar Amerika Serikat, 90 lembar pecahan rupiah 50 ribu, dua lembar pecahan 1 juta dolar Hongkong, satu lembar pecahan 1 juta ringgit Brunei Darussalam, satu lembar pecahan 500 juta dolar Hongkong, dan satu lembar pecahan 1.000 ringgit Brunei Darussalam.
(bbn/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com