detikNews
2019/10/07 20:22:51 WIB

Kata Pengamat soal Solusi Atasi Kemacetan di Kota Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kata Pengamat soal Solusi Atasi Kemacetan di Kota Bandung Suasana kemacetan lalu lintas di Kota Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Rekayasa lalu lintas hingga pembangunan jembatan layang menjadi upaya yang dilakukan Pemkot Bandung dalam mengatasi kemacetan. Namun, upaya tersebut dinilai hanya menjadi solusi sementara.

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jabar Sony Sulaksono Wibowo menjelaskan perlu upaya lebih serius dalam menyelesaikan kemacetan di Kota Bandung. Bukan sekedar melakukan rekayasa dan pembangunan jembatan layang semata.

"Pembangunan fly over dan rekayasa lalu lintas merupakan solusi sementara yang sifatnya lokal dan sering justru hanya memindahkan kemacetan serta menambah masalah baru," katanya, saat dihubungi, Senin (7/10/2019).


Menurutnya, yang saat ini perlu dilakukan Pemkot Bandung adalah memaksimalkan sarana transportasi publik yang telah ada. Apalagi saat ini di Kota Bandung telah ada jaringan angkutan kota, TMB, bus sekolah yang harusnya bisa dimaksimalkan dan sebagai solusi jangka pendek.

"Terus sinergi antar instansi, seperti Dishub dan Disdik bisa dilakukan untuk menguatkan program-program angkot untuk pelajar, bus sekolah. Pemkot Bandung dapat merangkul masyarakat untuk menumbuhkan budaya naik angkot, naik bus dan bersepeda ke kantor atau sekolah," ucap Sony.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com