detikNews
Selasa 01 Oktober 2019, 18:21 WIB

Temui Massa HMI, Ridwan Kamil Janji Sampaikan Aspirasi ke Pusat

Mukhlis Dinillah - detikNews
Temui Massa HMI, Ridwan Kamil Janji Sampaikan Aspirasi ke Pusat Ridwan Kamil menemui massa HMI yang berdemo di depan Gedung Sate, Kota Bandung. (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Puluhan massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar unjuk rasa di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (1/10/2019). Massa mendesak Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) atas RUU yang tak prorakyat.

Massa berkumpul di depan Gedung Sate sejak pukul 16.00 WIB. Puluhan orang membawa sejumlah spanduk tuntutan yang dibentangkan, salah satunya 'Presiden Segera Keluarkan Perppu'.


Koordinator aksi MF Zaky Mubarok mengatakan, dengan kondisi saat ini, sudah seharusnya Presiden Jokowi mengeluarkan perppu. Sebab, perppu menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan situasi kondusif atas penolakan masyarakat.

"Karena memang kami menyakini segala bentuk kericuhan, bahkan terdapat korban, itu bagian dari kekecewaan. Masyarakat turun ke jalanan, aparat mengamankan. Dirasa perlu perppu dikeluarkan, karena kekacauan juga klimaksnya sudah terjadi," kata Zaky.

"Jadi, atas nama stabilitas nasional, bangsa, Jokowi harus turun tangan. Kan kemarin bilang akan mempertimbangkan, nah ini segera menolak segala bentuk rancangan undang-undang yang tidak prorakyat," tutur dia.


Ia menuturkan saat ini pemerintah punya wewenang penuh untuk bersikap mengenai RUU kontroversial tersebut, sehingga pihaknya mendesak pemerintah segera turun tangan.

"Setelah UU KPK disahkan, ada dua jalan judicial review ke MK karena masih panjang dan belum ditandatangani Jokowi. Maka inisiatif solusinya itu perppu. Wewenang pemerintah dengan berbagai pertimbangan yang sudah memenuhi unsur-unsur untuk mengeluarkan perppu," ujar Zaky.

Massa juga meminta Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) menemui massa. Mereka ingin menyampaikan langsung aspirasinya kepada orang satu di Jabar tersebut.

"Iya tentu, cuma tidak perwakilan. Inginnya RK menemui kami. Tuntutannya, Pak Gub jadi negosiator mengantarkan aspirasi kami pengunjuk rasa ke Presiden," kata Zaky.

Sementara itu, RK, yang menemui massa, berjanji akan membawa aspirasi ke pemerintah pusat. RK, yang mengenakan kemeja putih, keluar dari Gedung Sate menemui puluhan pengunjuk rasa sekitar pukul 17.00 WIB. Kehadiran RK disambut massa.

Temui Massa HMI, Ridwan Kamil Janji Sampaikan Aspirasi ke PusatFoto: Mukhlis Dinillah/detikcom
RK mengaku akan mengakomodasi aspirasi mahasiswa. Ia hanya meminta masyarakat, khususnya mahasiswa, menyampaikan aspirasinya dengan cara-cara yang sesuai dengan aturan.

"Saya akomodasi aspirasi Adik-adik. Saya berpesan, sampaikan aspirasi dengan baik, taat aturan. Jangan terprovokasi," ucap dia.

RK mengaku akan menyampaikan aspirasi mahasiswa ke pemerintah pusat. Dirinya besok memiliki agenda di Jakarta.

"Besok kebetulan saya juga ke Jakarta. Ada sebuah acara. Nanti saya sampaikan aspirasinya sekalian," kata RK


Simak juga video "Bentrok di DPRD Jabar, Gas Air Mata Dibalas Lemparan Batu":

[Gambas:Video 20detik]


(mud/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com