WN China Iming-imingi Keluarga 'Pengantin Pesanan' Rp 35 Juta

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 16:54 WIB
Foto: Yudha Maulana/detikcom
Bandung Barat - Shao Dongdong (29), WN China, mendapatkan uang Rp 110 juta dari kliennya untuk mengurus setiap wanita yang ia incar sebagai calon 'pengantin pesanan'.

Uang tersebut ia gunakan untuk mengiming-imingi pihak keluarga wanita incarannya, termasuk biaya pengurusan dokumen palsu bagi kliennya.

Shao Dongdong memberikan Rp 35 juta kepada keluarga wanita agar mudah luluh hingga akhirnya korban dinikahkan dengan pria China dan dibawa ke sana untuk dipekerjakan.

"Dari satu orang Rp 110 juta, satu paket, yang sudah ditangani ada di Pontianak, Kalimantan Barat, kemudian di Cimahi, Jawa Barat. Nikahnya di Indonesia," ujar Kepala Divisi Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, Ari Budjanto, Selasa (1/10/2019).

"Dari uang Rp 35 juta yang diiming-imingkan pelaku, baru Rp 10 juta yang dibayarkan melalui transfer antarbank," Ari melanjutkan.

Sebelumnya, Tim Pengawas Orang Asing (PORA) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung menangkap Shao Dongdong di wilayah Kota Cimahi. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti berupa blangko perjanjian nikah, paspor, buku tabungan, dan surat nikah.

Saat ini, ujar Ari, masih ada sejumlah korban 'pengantin pesanan' yang terdampar di KBRI yang berasal dari berbagai wilayah lainnya. Rata-rata korban berusia 20-35 tahun.

"Ada dua orang (korban) yang berhasil kami gagalkan penyelundupannya. Saat ini KBRI juga masih menangani kasus pengantin pesanan yang belum bisa dipulangkan ke Indonesia," tuturnya.



Tonton juga video Jelang Peringatan Kemerdekaan China, Unjuk Rasa Pecah di Hong Kong:

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)