Pelajar Demo, Disdik Jabar Sebar Surat Edaran Minta Kepsek Awasi Siswa

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 27 Sep 2019 10:30 WIB
Sejumlah pelajar ikut aksi kamisan di Gedung Sate/ Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menyebarkan surat edaran berkaitan dengan aksi demo pelajar. Surat edaran berisi pengawasan terhadap pelajar di sekolah.

Surat itu sudah disebar Disdik Jabar sejak kemarin. Surat ditujukan kepada kepala-kepala Disdik di Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. Dalam surat yang ditandatangani Kadisdik Jabar Dewi Sartika, Disdik Jabar meminta kepala Disdik di daerah mengawasi para pelajar.

Adapun surat itu berisi :

'Dalam rangka menjaga kondusivitas di SMA/SMK/SLB pada wilayah yang menjadi tanggung jawab masing-masing, kami minta saudara meningkatkan pengawasan melalui pemantauan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dan mengimbau kepada para kepala sekolah untuk memastikan setiap peserta didik mengikuti seluruh rangkaian proses KBM sesuai jadwal pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah,'

Kadisdik Jabar Dewi Sartika mengatakan surat ini ditujukan kepada kepala-kepala Disdik se-Jabar. Nantinya dari pemerintah setempat, surat akan dikirimkan lagi ke setiap kepala sekolah.

"Masing-masing kepala cabang dinas sudah menindaklanjuti salah satunya dengan menggelar rapat bersama MKKS (musyawarah kerja kepala sekolah)," ucap Dewi saat dikonfirmasi, Jumat (27/9/2019).

Dewi menyatakan sejauh ini belum dirancang ada atau tidaknya sanksi bagi sekolah yang siswanya ikut berunjuk rasa. Apalagi sampai terlibat aksi anarkis. "Sampai saat ini belum," ucap Dewi.

Seperti diketahui, sejumlah pelajar ikut aksi unjuk rasa. Di Jabar sejumlah pelajar seperti di Garut, Cianjur dan Bandung kedapatan berunjuk rasa.

Pelajar di Garut terjun langsung berunjuk rasa. Sementara di Cianjur, pelajar hendak ke Jakarta namun digagalkan polisi. Di Bandung, pelajar terlihat ikut dalam aksi kamisan. (dir/ern)