detikNews
Sabtu 14 September 2019, 17:52 WIB

Melihat Kembali PKL Cicadas Bandung Setelah Ditata Pemerintah

Fadil Muhammad - detikNews
Melihat Kembali PKL Cicadas Bandung Setelah Ditata Pemerintah Suasana terkini penataan PKL Cicadas, Kota Bandung. (Foto: Fadil Muhammad/detikcom)
Bandung - Penataan PKL Cicadas, Kota Bandung, Jawa Barat, sudah dilakukan sejak 15 Agustus 2019 lalu. Hingga kini penataan terus dilakukan untuk menciptakan suasana PKL yang nyaman dan ramah untuk pejalan kaki.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (14/9/2019), sejumlah pedagang telah mulai berjualan menggunakan lapak yang sebelumnya ditata oleh Pemkot Bandung. Sebagian pedagang bahkan tampak sedang merenovasi lapaknya.


Asep Lukman Nur Hakim (42), Wakil Bendahara Paguyuban PKL Cicadas mengatakan, sejumlah pedagang berinisiatif untuk merenovasi lapak lantaran penyesuaian terhadap barang dagangan.

"Pedagang menata sendiri tendanya (lapak), tergantung kebutuhan dan jenis dagangan, jadi enggak sama. Seperti sepatu, baju anak, sandal, kaos kaki, itu beda-beda," ucap Asep saat ditemui di lokasi.

Melihat Suasana PKL Cicadas Bandung Setelah Ditata PemerintahFoto: Fadil Muhammad
Menurut Asep, saat ini penataan telah rampung di zona lima mulai simpang Jalan Jendral Ahmad Yani-Jalan Cikutra. Ia mengatakan penataan dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi trotoar jalan.

"Minggu depan lanjut di rute (zona) 4. Senin, Selasa dibongkar, Rabu barangkali di pasang ubin kalau enggak diplur. Kamisnya sama Jumat datang tenda," ucapnya.

Sementara itu salah satu PKL, Sunesi (42) mengatakan, penataan berdampak pada kenyamanan pembeli. "Alhamdulillah lebih rapih, lebih bagus, jadi enak sama pembeli juga. Jalan lega (luas), cuma ya kalau hujan basah semua karena enggak rapet (nempel) tendanya," tuturnya.

Melihat Suasana PKL Cicadas Bandung Setelah Ditata PemerintahFoto: Fadil Muhammad
Kondisi penataan PKL tersebut disambut baik oleh warga. Mereka menilai penataan membuat nyaman untuk berbelanja atau sekadar jalan melewati pedagang.

"Baru ke sini lagi sekarang, ini baguslah. Enakan sekarang karena lebih tertata dan rapih, dan saya sebagai pejalan kaki nyaman jalan di sini," ucap salah seorang warga, Rovi Fauzan.


Simak juga video "PKL di Trotoar Tuai Polemik, Anies: Jangan Kita Diskriminatif" :

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com