detikNews
Kamis 12 September 2019, 13:32 WIB

Istri dan Anak Ipda Erwin Tempati Rumah Baru

Syahdan Alamsyah - detikNews
Istri dan Anak Ipda Erwin Tempati Rumah Baru Acara simbolis penyerahan rumah kepada keluarga Ipda Erwin Yudha. (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Cianjur - Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi secara simbolis menyerahkan satu unit rumah kepada keluarga Ipda Erwin Yudha. Erwin gugur akibat terbakar saat mengawal aksi demo mahasiswa di Cianjur.

Rumah baru tersebut berada di area Perumahan Bumi Catur Siwi, Kampung Karangtengah, Desa Nagrak Kecamatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hunian tipe 45 itu berdiri di atas tanah seluas 75 meter persegi.

"Alhamdulillah hari ini kita menyerahkan rumah kepada keluarga almarhum Ipda Erwin, walaupun rumah ini tidak sebanding dengan jasa-jasa beliau, pengabdian beliau, terhadap Polri, tapi inilah sedikit penghargaan sebagai ikatan tali silaturahmi kita dengan keluarga almarhum," kata Rudy, Kamis (12/9/2019).


Pada kesempatan itu, Rudy berharap agar insiden seperti dialami Erwin tidak terjadi lagi. "Kita mengingatkan, semoga peristiwa di Cianjur ini adalah yang terakhir di seluruh republik ini. Dengan mengatasi demo yang demikian saja sampai mengorbankan personel," tutur Rudy.

Sukarni (46), istri Ipda Erwin, tak kuasa menyembunyikan gurat kesedihannya. Ia datang bersama dua anaknya. Sesekali Ketua Bhayangkari Jawa Barat Lulytha Rudy Sufahriadi memberikan pelukan untuk menenangkan mereka.

Sukarni berterima kasih atas perhatian dari semua pihak, terutama Polda Jabar, Polres Cianjur, Pemkab Cianjur, dan unsur Muspida Kabupaten Cianjur yang memberikan bantuan rumah.

Selama ini Erwin dan keluarganya tinggal di rumah dinas. Kini istri dan anak Erwin menempati rumah pribadi.

"Saya sangat berterima kasih, ini cukup mengobati keluarga dari kehilangan sosok Ipda Erwin yang gugur dalam tugasnya. Semoga amal kebaikan dari semua pihak yang membantu dibalas dengan yang lebih," tutur Sukarni.


Selain rumah, ia menerima bantuan dari Asabri senilai Rp 471 juta. Uang itu rencananya ditabungkan untuk masa depan anak-anaknya.

"Ditabungkan uangnya, untuk keperluan anak-anak, apalagi sudah pada dewasa," ucap Sukarni.

Selain mendapatkan bantuan berupa rumah, anak Erwin akan menerima jaminan pekerjaan dan kuliah dari Pemkab Cianjur.

"Kita akan berikan beasiswa kuliah untuk putri bungsu almarhum Ipda Erwin, sementara untuk putra sulungnya kita akan berikan pekerjaan di Pemkab Cianjur, Dinas Tenaga Kerja di bagian administrasi, mungkin bulan depan," ucap Plt Bupati Cianjur Herman Suherman.
(sya/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com