detikNews
Sabtu 07 September 2019, 13:05 WIB

PLN Kucurkan Rp 18 Miliar untuk Kompensasi Blackout Cimahi-KBB

Yudha Maulana - detikNews
PLN Kucurkan Rp 18 Miliar untuk Kompensasi Blackout Cimahi-KBB Ilustrasi listrik (Foto: Photo by Sebastian Pociecha on Unsplash)
Cimahi - Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi menggelontorkan dana hingga Rp 18 miliar untuk kompensasi kepada pelanggan yang terdampak padam listrik massal atau blackout.

Kompensasi tersebut diberikan kepada pelanggan di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB)

"Hanya di Kota Cimahi dan KBB saja kompensasinya sampai Rp 18 miliar berdasarkan rumus penghitungan terhadap pelanggan yang terdampak. Kalau se-Indonesia Rp 800 miliar," ujar Manajer PLN UP3 Cimahi, Ansats Pram Andreas Simamora, Sabtu (7/9/2019)

Acuan kompensasi tersebut, kata Ansats, mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) ESDM nomor 27 tahun 2017 tentang Standar Mutu Pelayanan.

Poin di dalam Permen ESDM tersebut memuat soal lama padam, jumlah kali padam, dan kriteria lainnya sebagai dasar penghitungan besaran kompensasi bagi pelanggan yang terdampak blackout.


"Misalnya lama padam 5 jam, akan mendapat kompensasi kalau pemadamannya 110 persen dari 5 jam, misalnya 5,5 jam. Jadi kalau ada pelanggan yang padam lebih dari 5 jam, akan mendapatkan kompensasi," katanya.

Ia mengatakan, kompensasi bagi pelanggan prayabar bisa berupa token pembayaran. Sedangkan untuk pelanggan pascabayar akan mendapatkan pengurangan tagihan pada September ini.

Saat ini pihaknya sudah melakukan proses penggantian kerugian bagi para pelanggan. Besaran kompensasi bagi pelanggan nonsubsidi sebesar 35 persen sedangkan untuk pelanggan subsidi sekitar 20 persen.



Tonton video Soal Investor Cloud, Menkominfo Harap Ada Perusahaan Listrik Lain:

[Gambas:Video 20detik]


(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com