detikNews
2019/09/03 20:37:28 WIB

31 Tahun Hilang Kontak, Carmi TKI Cirebon Akhirnya Ditemukan

Sudirman Wamad - detikNews
Halaman 1 dari 2
31 Tahun Hilang Kontak, Carmi TKI Cirebon Akhirnya Ditemukan Carmi, TKI asal Cirebon yang hilang selama 31 tahun akhirnya ditemukan. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Carmi, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Cirebon yang dikabarkan hilang selama 31 tahun saat bekerja di Arab Saudi akhirnya ditemukan. Ilyas (85) dan Warniah (65) tak bisa membendung air mata bahagianya saat mendapatkan kabar tersebut.

"Satu keluarga nangis bahagia semua," kata Ilyas saat berbincang dengan detikcom di kediamannya di Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019).


Ilyas menceritakan kabar bahagia itu disampaikan langsung KBRI Riyadh pada Rabu (28/8/2019) kemarin. Ilyas menceritakan saat ini Carmi berada di kantor KBRI Riyadh. Saat itu KBRI Riyadh memfasilitasi Carmi berkomunikasi langsung dengan keluarganya melalui video call.

Sayangnya, ingatan Carmi masih belum pulih. Carmi hanya mengenal nama keluarga. Carmi pun kaget melihat wajah Ilyas, ayahnya yang sudah lanjut usia. Sebab, Carmi berangkat ke Arab Saudi saat usianya masih belasan tahun, saat itu juga kondisi Ilyas masih terlihat bugar.

"Waktu video call itu, Carmi sempat ditanya bener gak kalau ini bapaknya? Terus Carmi hanya geleng kepala, Carmi hanya mengingat nama saya, mungkin sudah lupa wajah karena samar," kata Ilyas.


Ilyas tetap bahagia kendati Carmi hanya mengingat namanya saat perjumpaan melaui video call itu. Setelah itu, Carmi mulai bisa mengingat keluarganya. Bahkan, Ilyas dan KBRI Riyadh sempat tertawa saat memastikan ciri-ciri fisik Carmi. Ilyas sempat meminta petugas KBRI Riyadh untuk mengambil gambar pada jari kaki sebelah kiri Carmi.

Menurut Ilyas, jari manis kaki sebelah kiri Carmi pendek. "Jari kakinya ada yang pendek sama seperti adiknya, Eti. Dari 10 bersaudara, hanya Carmi dan Eti yang jari manisnya pendek. Benar, ternyata pendek," kata Ilyas sambil tersenyum.

Saat berkomunikasi, Carmi hanya bisa menggunakan Bahasa Arab. Carmi kesulitan menggunakan Bahasa Indonesia maupun Cirebon.

Ilyas mengaku belum mengetahui secara persis kapan Carmi dipulangkan ke Indonesia. Saat ini Carmi berada di KBRI Riyadh untuk menyelesaikan administrasi dan pemulihan ingatannya.

"Ya saya menerima walaupun di sana dulu, ini demi kebaikan. Katanya di sana nanti dikasih makan khas Indonesia, sambal terasi, sayur asam dan lainnya. Biar ingat Indonesia. Mungkin sekitar satu minggu ke depan dipulangkan," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com