Penampakan Walini yang Diproyeksikan Jadi Ibu Kota Jabar

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 16:53 WIB
Kawasan Ciwalini di Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat -
Kawasan Walini di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dibidik menjadi ibu kota baru Jawa Barat. Soal Walini ini diungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Pantauan di lapangan, kawasan Walini terlihat gersang lantaran kemarau panjang. Terlihat sejumlah bukit dengan alang-alang yang terbakar. Kondisi tanahnya berbukit-bukit khas perkebunan, namun masih minim pepohonan.

"Memang sekarang itu panas dan gersang, enggak malam, enggak siang, saat musim kemarau seperti sekarang," ujar Ai Risma (42), warga setempat yang ditemui detikcom di areal perkebunan teh, Jumat (30/8/2019).


Area seluas kurang lebih 4.800 hektare ini secara administratif diapit oleh tiga desa, yaitu Desa Kananga, Mandalamukti dan Mandalasari. Pintu masuk Kebun Panglejar milik PTPN VIII ini berada di Jalan Raya Padalarang - Purwakarta.

Rata-rata, ujar Ai, warga yang bekerja di wilayah ketiga desa tersebut bekerja serabutan atau kuli bangunan. Beberapa ada yang bekerja sebagai buruh pabrik di wilayah Bandung dan Cimahi.

"LokasiCikalongWetan ini tanggung, mau disebut kota bukan, disebut kampung juga bukan karena ramai lalu lalang kendaraan," kata Ai.
"Soal pemindahan ibu kota warga sih menyambut baik saja," kata Ai.
Selanjutnya
Halaman
1 2