detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 15:23 WIB

Rayakan HUT RI, Ridwan Kamil Menari Sajojo Bersama Warga Papua

Mochamad Solehudin - detikNews
Rayakan HUT RI, Ridwan Kamil Menari Sajojo Bersama Warga Papua Gubernur Jabar Ridwan Kamil menari sajojo saat peringatan HUT Ke-74 RI di Lapangan Gasibu Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Upacara peringatan detik-detik proklamasi yang digelar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, memiliki pesan khusus di dalamnya. Kerukunan masyarakat dari berbagai suku tergambar dalam upacara peringatan HUT ke-74 RI tingkat Jabar.


Satu suguhan spesial tersaji dalam upacara tersebut, Sabtu (17/8/2019). Secara khusus sejumlah warga Papua yang tinggal di Jabar diberi 'panggung' untuk menampilkan tarian tradisional. Lengkap dengan baju khasnya, para penari yang terdiri dari unsur prajurit TNI pelajar dan lainnya secara semangat menampilkan tari sajojo kepada para tamu yang hadir.

Penampilan spesial itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang hadir menyaksikan jalannya upacara. Bahkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono ikut turun menari.

Rayakan HUT RI, Ridwan Kamil Menari Sajojo Bersama Warga PapuaGubernur Jabar Ridwan Kamil bersama warga Papua merayakan HUT Ke-74 RI. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Mereka tampak larut dalam suasana penuh kebersamaan. Setelah itu, Emil, sapaan Ridwan, menyalami satu persatu warga Papua yang ikut terlibat dalam tarian tersebut.

Usai upacara, Emil menyampaikan, terdapat pesan yang ingin disampaikan dalam momen peringatan Kemerdekaan Ke-74 Indonesia. Pertama dia menegaskan Jawa Barat sebagai bumi Pancasila.

"Semua berbahagia, ditekankan berkali-kali Pancasila disebutkan lima kali menekankan itulah semangat dulu sekarang dan selamanya bahwa bumi Jabar adalah bumi Pancasila," katanya.


Selain itu, ia menyebut, dalam momen peringatan kemerdekaan di Jabar dihadiri beragam etnis. Emil juga ingin menunjukkan bahwa warga Papua di Jabar bisa hidup rukun.

"Kalau di tempat lain banyak dinamika, di Jabar insyaallah aman kondusif, karena kitanya silih asah, silih asuh, silih wawangi," ujar Emil.
(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com