detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 15:46 WIB

Polisi Ajak Panti Rehabilitasi Kolaborasi Berantas Narkoba di Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Ajak Panti Rehabilitasi Kolaborasi Berantas Narkoba di Jabar Ditres Narkoba Polda Jabar dan Satres Narkoba Polrestabes Bandung menggelar bakti sosial ke sejumlah panti menyambut HUT RI ke-74. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polisi mengajak seluruh elemen masyarakat membantu memberantas narkotika di Jawa Barat. Polisi juga meminta sejumlah panti rehabilitasi sama-sama membantu dengan memberikan informasi.

"Kami meminta pihak panti rehablitasi bisa ikut membantu mengungkap jaringan," ucap Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar Kombes Enggar Pareanom saat mengunjungi Yayasan Rehabilitasi Ultra di Jalan Sukamulya, Kota Bandung, Jumat (16/8/2019).


Enggar menuturkan ada sejumlah panti-panti rehabilitasi narkoba yang tersebar di wilayah Jabar. Menurut dia, kerja sama yang bisa dilakukan antara Polri dan panti berupa tukar informasi. Sebab, kata dia, para pecandu narkoba yang direhabilitasi biasanya memberikan informasi terkait barang haram yang didapat.

"Informasi apa yang diperlukan untuk ungkap jaringan dibantu," kata Enggar didampingi Kasatres Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Irfan Nurmansyah.

Enggar menuturkan, proses rehabilitasi memang diperlukan bagi mereka yang memang pengguna. Saat ini pun, ada 9 orang pecandu yang ditangkap jajarannya dimasukkan ke Yayasan Rehabilitasi Ultra. Mereka mendapatkan perawatan agar terbebas dari belenggu narkotik.

"Mereka ini sakit, jadi perlu untuk disembuhkan," kata Enggar.


Sementara itu, Kepala Cabang Yayasan Rehabilitasi Ultra Billy Mataram menyambut baik ajakan kerja sama tersebut. Menurut dia, pihaknya siap membantu pemberantasan narkoba.

"Membantu generasi muda terbebas dari narkoba dan supaya bisa lebih berguna bagi nusa dan bangsa," kata Billy.


Billy menuturkan panti rehabilitasi Ultra sendiri baru berusia satu tahun di Bandung. Selama ini, sudah ada kurang lebih 600 pengguna yang diobati di panti tersebut. Proses pengobatan, kata dia, dilakukan dengan cara pendekatan personal.

"Dari jumlah tersebut 90 persen sudah bebas," ucapnya.

Kedatangan para personel Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar dan Satres Narkoba Polrestabes Bandung ke panti tersebut bukan tanpa alasan. Para polisi tersebut melakukan bakti sosial baik ke panti rehabilitasi maupun ke Panti Asuhan Amanah Ummah di Kawasan Arcamanik, Kota Bandung. Bakti sosial dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74.




Dipindahkan ke RSKO, Nunung Belum Bisa Dijenguk Keluarga:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed