detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 15:08 WIB

Dirawat di RSHS, Kondisi Dua Polisi Cianjur yang Terbakar Membaik

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Dirawat di RSHS, Kondisi Dua Polisi Cianjur yang Terbakar Membaik Aksi mahasiswa yang menyebabkan polisi terbakar/Foto: Istimewa
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Bandung - Dua orang anggota polisi yang ikut terbakar saat mengamankan aksi demo mahasiswa di Cianjur dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Kini kondisinya mulai membaik.

Kedua polisi tersebut yakni Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon yang merupakan anggota Sabhara Polres Cianjur. Keduanya turut jadi korban saat demo pada Kamis (15/8) di depan kantor Pemkab Cianjur.

"Tadi pagi baik ya, sekarang membaik, bisa makan, bisa minum, bisa berkomunikasi dan Insya Allah kedepannya juga baik, karena kalau melihat dari luas luka bakar itu 6,5 persen dan 13 persen," ucap Kepala Instalasi Gawat Darurat RSHS Doddy Tavianto saat dihubungi wartawan, Jumat (16/8/2019).

Doddy mengatakan keduanya diantar mobil ambulans ke RSHS sejak semalam sekitar pukul 22.00 WIB. Keduanya langsung masuk ke ruang IGD.

Doddy menjelaskan luka yang diderita keduanya berada di bagian wajah, tangan dan badan. Luka yang diderita, kata Doddy, masuk kategori grade 2 B.

"Dua-duanya secara umum itu di bagian wajah, bagian leher, badan bagian belakang, tangan kanan dan kiri itu yang dominan. Jadi kalau umpamanya gradasi kedalaman luka bakarnya itu grade 2AB, jadi secara gambaran itu kalau grade 1 itu terkena panas matahari, kalau grade 3 itu kena kulitnya, kalau grade 4 itu kena otot sama jaringan yg lain. Nah ini grade 2 jadi sudah terkena sebagian jaringan kulit," ucapnya.

Doddy mengatakan saat ini keduanya menjalani perawatan di ruang semi instensif. Dalam waktu dekat, keduanya bisa dipindahkan ke ruang perawatan biasa.

"Penanganan khusus tidak ada ya, jadi cuma sekedar perawatan luka saja sama pemberian antibiotik dan pemberian obat penguran rasa nyeri, karena memang luka bakar itu rasa sakitnya dan nyerinya lumayan. Biasanya kalau grade 2AB itu pemulihannya sekitar 3 mingguan lah," kata dia.



Sebelum Polisi Terbakar Hidup-hidup, Ada yang Lempar Plastik Cairan:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/ern)
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed