detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 15:46 WIB

Ricuh Saat Pelantikan DPRD Bandung, 1 Mahasiswa Luka di Kepala

Mochamad Solehudin - detikNews
Ricuh Saat Pelantikan DPRD Bandung, 1 Mahasiswa Luka di Kepala Kericuhan terjadi saat pelantikan Anggota DPRD Kota Bandung periode 2019-204. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Aksi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah kelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Cipayung Kota Bandung, di depan Gedung DPRD Kota Bandung berlangsung ricuh. Aksi digelar saat pelaksanaan pelantikan 50 anggota DPRD Bandung periode 2019-2024.

Awalnya aksi yang digelar oleh gabungan organisasi mahasiswa seperti HMI, PMII, GMNI, PMKRI dan GMKI di depan Gedung DPRD Kota Bandung, Senin (5/8/2019) berjalan normal. Secara bergantian sejumlah perwakilan mahasiswa juga menyampaikan orasinya menuntut agar kasus dugaan korupsi di Kota Bandung diusut tuntas, salah satunya kasus korupsi di PD Pasar.


Dalam aksinya puluhan mahasiswa menampilkan aksi teatrikal sambil menyulut ban bekas. Kepulan asap hitam membumbung di sekitar Jalan Sukabumi sebagai tempat jalannya aksi.

Tidak lama berselang, para peserta aksi mencoba masuk ke dalam Gedung DPRD. Namun mendapat hadangan dari pihak kepolisian. Kemudian, para peserta aksi melemparkan telur ke arah Gedung DPRD sambil mencoba menerobos masuk.

Kondisi itu membuat suasana semakin panas. Sejumlah aparat kepolisian mencoba menghalau para mahasiswa dan bentrok tidak bisa dihindari. Saling dorong antara kedua belah pihak tidak bisa terelakkan.

Ricuh Saat Pelantikan DPRD Bandung, 1 Mahasiswa Luka di KepalaFoto: Mochamad Solehudin
Polisi mencoba meredam situasi dan mengamankan sejumlah mahasiswa. Tampak seorang peserta aksi mengalami luka di bagian kepala dengan darah mengalir dari dahinya.

Mahasiswa yang terluka kemudian dibawa ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung yang berada di seberang Gedung DPRD Kota Bandung untuk diobati. Namun hal itu ditolak dan mereka memilih membawa pulang rekannya yang terluka itu. Kericuhan pun berhasil teratasi dan tidak meluas.

Ricuh Saat Pelantikan DPRD Bandung, 1 Mahasiswa Luka di KepalaFoto: Mochamad Solehudin
Sementara itu, Ketua PMII Kota Bandung Irma Zahratunnisa menyatakan, akan melaporkan tindakan kekerasan terjadi. Saat ini rekannya tersebut sudah mendapat perawatan.

"Dibawa ke RS Muhammadiyah terus Cipayung mau buat laporan ke Polrestabes (Bandung)," ujarnya.
(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com