Letusan Masih Terjadi, Tangkuban Perahu Tetap Waspada

Mukhlis Dinillah - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 15:35 WIB
Foto: Yudha Maulana
Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Tangkuban Perahu masih level II (waspada). Masyarakat diminta tetap menjaga jarak aman 1,5 kilometer dari bibir kawah.

"Sejauh ini masih ada tremor-tremor dan letusan terus menerus sekitar 80 meter dari kawah masih. Masih level II waspada," kata Kepala PVMBG Kasbani saat dihubungi, Sabtu (3/8/2019).

Ia menuturkan aktivitas letusan dan getaran di Gunung Tangkuban Perahu masih cukup tinggi. Sehingga, pihaknya mengimbau masyarakat tidak mendekati bibir kawah dengan jarak aman 1,5 kilometer.

"Aktivitas masih tinggi kalau kita lihat energi yang dikeluarkan tinggi. Jarak aman 1,5 kilometer dari kawah. Tapi gempa kemarin tidak berpengaruh ke Tangkuban Perahu," jelas dia.

Ia mengingatkan kepada pengelola untuk tidak mengoperasikan taman wisata alam tersebut. Ia juga menyarankan masyarakat untuk memilih destinasi wisata lain sementara waktu.

"Menyarankan masyarakat sementara ke wisata lain. Karena Tangkuban Perahu belum boleh beroperasi," tutur dia.

Meski begitu, pihaknya mempersilahkan masyarakat sekitar di luar jarak aman untuk beraktifitas seperti biasanya. Hanya saja diminta untuk selalu waspada terhadap potensi erupsi.

"Masyarakat di sekitar Tangkuban Parahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan dan harap selalu mengikuti arahan BPBD setempat," ujar Kasbani.


Simak Video "Status Gunung Tangkuban Perahu Naik Jadi Waspada"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/ern)