Gunung Tangkuban Perahu Waspada, Radius Aman 1,5 Km

Mochamad Solehudin - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 10:10 WIB
Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Status Gunung Tangkuban Perahu dinyatakan naik dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Masyarakat diimbau untuk tidak mendekat dalam radius 1,5 Km dari pusat kawah.

Kepala PVMBG Kasbani menyatakan, aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Perahu mengalami peningkatan. Pada Kamis (1/8/2019) pukul 20.46 WIB Gunung Tangkuban Perahu kembali mengalami erupsi disusul dengan tiga erupsi laninnya.

Kemudian pada Jumat (2/8/2019) pukul 01.30 WIB, Gunung Tangkuban Parahu kembali erupsi dengan tiga erupsi lainnya. Total sejak Kamis malam sampai Jumat pagi tercatat telah ada delapan kali erupsi.

Saat ini, kata dia, status Gunung Tangkuban Perahu telah ditetapkan dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Pihaknya meminta masyarakat tidak mendekat dalam radius aman 1,5 Km.

"Har ini tanggal 2 Agustus mulai Jam 08.00 WIB Gunung Tangkuban Perahu naik level dari level I (normal) ke level II (waspada). Dengan rekomendasi ancaman daerah bahaya 1,5 Km," katanya, di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Jumat (2/8/2019).

Di luar radius 1,5 Km, lanjut dia, masyarakat masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Kegiatan wisata juga tetap bisa berjalan, kecuali dalam radius 1,5 Km.

"Masyarakat enggak perlu was-was tapi tetap waspada jangan dekati kawah. Di luar 1,5 Km aman, sejauh ini belum ada peningkatan erupsi besar melebihi ancaman. Belum ada ke arah erupsi signifikan," ujarnya.


Awas! Waspadai Letusan Freatik Tangkuban Parahu yang Tiba-tiba:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/ern)