Ridwan Kamil Tak Akan Hadiri Sidang Gugatan Polusi Udara Besok

Mukhlis Dinillah - detikNews
Rabu, 31 Jul 2019 19:52 WIB
(Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) tidak akan hadir dalam sidang gugatan polusi udara di PN Jakarta Pusat, Kamis 1 Agustus besok. Kehadiran RK akan diwakilkan dua orang penasehat hukum dari Pemprov Jabar.

"Pak gubernur enggak hadir, diwakilkan kuasa hukum dua orang," kata Kepala Biro Hukum dan HAM Pemprov Jabar Eni Rohyani via telepon, Rabu (31/7/2019).


Menurutnya sejauh ini belum ada urgensi kehadiran RK di sidang gugatan tersebut. Apalagi, kata dia, dalam hal ini RK hanya menjadi tergugat II selaku Gubernur Jabar.

"Sebetulnya kan kami hanya turut tergugat II. Kalau dilihat sebenarnya sasarannya bukan kepada Jabar. Tapi kita ikuti saja," ucap dia.

Ia menuturkan, gugatan yang mengarah kepada Pemprov Jabar dalam hal ini RK selaku kepala daerah tak jelas. Tidak disebutkan daerah-daerah yang menyebabkan polusi udara di Jakarta.


Meski begitu, pihaknya tetap mengantisipasi dengan menyiapkan bukti-bukti menguatkan posisi Pemprov Jabar. Pihaknya sudah melakukan kajian mengenai kualitas udara di Jabar.

"Kita ikuti dulu, kalau yang dibaca dalam suratan gugatannya kan lebih ke pusat dan DKI Jakarta. Pada prinsipnya siap dan kita juga ada bukti-bukti dan kajian," ujar Eni.

Sebelumnya, gugatan masyarakat terhadap polusi udara di Jakarta akan disidangkan besok di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta selaku salah satu penggugat khawatir pemerintah selaku tergugat tidak hadir dalam persidangan.



Simak Juga 'KLHK Pertanyakan Metode Pengukuran Udara Versi AirVisual':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/tro)