detikNews
Jumat 26 Juli 2019, 21:56 WIB

Erupsi Tangkuban Perahu, Polisi: Tidak Ada Korban Jiwa

Yudha Maulana - detikNews
Erupsi Tangkuban Perahu, Polisi: Tidak Ada Korban Jiwa Aparat masih berjaga di pintu masuk Tangkuban Perahu. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Kapolres Subang AKBP M Joni mengimbau agar warga tetap tenang pasca erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Jumat (26/7/2019) sekitar pukul 16.00 WIB. Seperti diketahui Tangkuban Parahu berada di 2 wilayah yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang.

"Informasi hoaks harus disaring dulu, jangan ditelan mentah-mentah. Tidak ada korban jiwa di wilayah Subang dan Bandung Barat," kata Joni di Pos Pemantauan PVMBG Gunung Tangkuban Perahu.


Sedikitnya 15 orang yang terdiri dari wisatawan dan pedagang harus mendapatkan perawatan di Klinik Sespim, Lembang. Kebanyakan korban mengalami sesak nafas dan iritasi mata akibat abu vulkanik.

Kendati demikian, saat ini pihaknya mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu relatif menurun. "Tetap tenang dan jangan panik," ujarnya.


Ia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan posko bersama instansi lain di Kantor Pos Pemantauan PVMBG Gunung Tangkuban Perahu. Hal itu dilakukan untuk memantau sekaligus memastikan kondisi lokasi wisata primadona itu kembali aman.

Saat ini lokasi wisata yang sarat dengan legenda Sangkuriang itu ditutup sementara, warga pun diimbau tak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer.
(tro/tro)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com