detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 12:22 WIB

Cegah Perpeloncoan Murid Baru, Disdik Garut Sebar Pengawas ke Sekolah

Hakim Ghani - detikNews
Cegah Perpeloncoan Murid Baru, Disdik Garut Sebar Pengawas ke Sekolah Foto: Hakim Ghani
Garut - Dinas Pendidikan Kabupaten Garut melarang tegas perpeloncoan terhadap para pelajar baru yang masuk sekolah, saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kadisdik Garut Totong mengatakan dinas pendidikan telah meminta pihak sekolah untuk mengutamakan kegiatan positif dan keagamaan saat proses pengenalan lingkungan sekolah terhadap para pelajar baru.

"Lebih diutamakan kegiatan keagamaan dan kegiatan yang bersifat positif. Hal itu lebih bijak untuk dilakukan," ujar Totong kepada wartawan di kantornya, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Selasa (16/7/2019).

Masa pengenalan lingkungan sekolah kini tengah berlangsung di berbagai tingkatan sekolah di Garut. Untuk mengantisipasi adanya perpeloncoan, Disdik Garut menyebar pengawas ke sekolah untuk mengawasi jalannya MPLS.

Totong mengatakan, pihaknya memastikan tidak akan terjadi perpeloncoan di lingkungan sekolah di Garut saat MPLS. Pasalnya, sambung Totong, pengawasan terhadap kegiatan tersebut dirasa sudah maksimal.

"Kami pastikan tidak akan terjadi perpeloncoan. Kami sudah arahkan sekolah untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif," katanya.

Kendati demikian, Totong menambahkan, sekolah tetap mendidik sikap dan mental para pelajar saat masa pengenalan lingkungan sekolah. Namun dengan cara yang lebih halus.

Disdik menggandeng Kodim 0611/Garut dan Polres Garut untuk memberikan pendidikan sikap dan kepribadian untuk para pelajar baru.

"Kami bekerjasama dengan Kodim dan Polres untuk memberikan pendidikan wawasan kebangsaan, pencegahan bahaya narkoba, penguatan kegiatan berbasis keagamaan, hingga pendidikan antikorupsi kepada para pelajar," pungkas Totong.

Simak Video "Orang Tua Rela Ikut Upacara di Hari Pertama Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com