detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 14:49 WIB

Warga Kampung Pulo Cirebon Percantik Gang dengan Lukisan 3D Laut

Sudirman Wamad - detikNews
Warga Kampung Pulo Cirebon Percantik Gang dengan Lukisan 3D Laut Lukisan 3D di Kampung Pulo Cirebon memiliki tema biota laut. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Warga Kampung Pulo Baru, RT 3 RW 6, Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pakalipan, Kota Cirebon, Jabar memiliki cara unik untuk mempercantik wilayahnya. Warga Kampung Pulo Baru Cirebon mengecat gang dengan lukisan 3 dimensi (3D).


Kesan kumuh pun langsung hilang. Sepanjang gang di Kampung Pulo Baru Cirebon menjadi cantik. Terlebih lagi tema lukisan 3D di kampung tersebut adalah biota laut, sehingga mengubah pemandangan menjadi lebih segar.

Kreativitas warga Kampung Pulo Baru Cirebon ini rupanya berawal dari obrolan warung kopi. "Ide awalnya dari obrolan sambil ngopi-ngopi. Akhirnya disepakati, kemudian kita buat desainnya," kata Agus Rahmanto salah satu penggagas kampung 3D saat berbincang dengan detikcom, Jumat (12/7/2019).

Keren, Warga Kampung Pulo Cirebon Sulap Gang dengan Lukisan 3D LautFoto: Sudirman Wamad
Konsep lukisan 3D di kampung tersebut menggambarkan tentang kehidupan biota laut. Ada gambar ikan, udang, bahkan ada juga putri duyung. Anak-anak kampung pun menjadi betah bermain.

"Ya sebenarnya sih konsep kita itu segara rampak (muara sungai di tepi laut), karena dulunya kampung ini balong (kolam)," katanya.

Lebih lanjut, Agus menyebutkan ada dua gang yang dilukis 3D. Proses pengerjaan kampung 3D tersebut sudah memakan waktu selama sepakan. Proses pengerjaannya pun masih berlanjut.

Keren, Warga Kampung Pulo Cirebon Sulap Gang dengan Lukisan 3D LautFoto: Sudirman Wamad
Agus mengatakan rencananya proses lukisan 3D akan diterapkan di tembok-tembok warga. Selain itu, pihaknya akan menata letak tanaman agar pemandangan kampung lebih indah. "Kita akan tata tanaman, pot-pot tanaman. Biar gang terlihat lebih bersih," ucapnya.

"Sekitar 150 meter panjang gangnya. Dananya swadaya masyarakat, sudah mengeluarkan sekitar Rp 2 jutaan," ujar Agus.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed