detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 15:44 WIB

Respons Kompolnas soal Aksi Koboi AKBP Deden di Lembang

Yudha Maulana - detikNews
Respons Kompolnas soal Aksi Koboi AKBP Deden di Lembang Penjelasan Divhumas Polri soal aksi koboi di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: tangkapan layar Instagram akun @divisihumaspolri)
Bandung Barat - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menanggapi aksi 'polisi koboi' yang terjadi di Bukit Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (30/6). Bagaimana responsnya?

Pria menenteng senjata api itu dipastikan berprofesi sebagai polisi. Berdasarkan informasi yang telah dibenarkan Polri, polisi tersebut bernama AKBP Deden.


Sekretaris Kompolnas Bekto Suprapto menyarankan pihak Propam Polri lebih proaktif untuk melakukan pengawasan. "Untuk masalah tersebut sebaiknya pengawas internal Polri yaitu Propam harus proaktif, dalam arti kalau sudah diketahui tidak perlu menunggu laporan dari masyarakat," ujar Bekto saat dihubungi detikcom, Jumat (5/7/2019).

Aksi yang kadung menjadi viral itu memperlihatkan seorang polisi tak berseragam, tengah melabrak seorang remaja bernama Hamdan yang diduga disabilitas mental. "Setiap tindakan polisi harus dapat dipertanggungjawabkan, baik secara hukum, secara sosial, secara kode etik kepolisian, maupun dilihat dari peraturan disiplin Polri," ujarnya.


Terkait penggunaan senjata api, Bekto mengatakan hal itu sebenarnya diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2009, yang bersumber pada Prinsip Dasar Hak Asasi Manusia PBB bagi penegak hukum.

"Propam yang melakukan pemeriksaan kepada oknum polisi harus mempedomani peraturan Kapolri tersebut," kata Bekto.

Asep Odik (54), tokoh masyarakat di lokasi kejadian, mengaku mendengar dua kali suara letusan sebelum mendapati polisi tersebut melabrak Hamdan. "Pria itu tampak marah sekali. Saya kemudian datang menjelaskan kalau Hamdan (remaja berkebutuhan khusus tersebut) merupakan warga saya, orang ini tidak normal kata saya. Tapi orang itu bilang saya polisi, saya polisi, ini pungli," kata Asep saat ditemui di kediamannya, Senin (1/7).

Simak Video "Uji Ketangguhan Sigra di Tanjakan Lembang"
[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com