Bupati Bakal Bina Disabilitas Korban Penodongan Pria Berpistol

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 18:42 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara. (Foto: Rachmadi Rasyad/detikcom)
Bandung Barat - Bupati Bandung Barat Aa Umbara akan membina Hamdan (18), remaja disabilitas mental yang mendapatkan ancaman dari pria berpistol yang mengaku polisi di Jalan Bukit Maribaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

"Remaja itu pasti akan kita bina, kita juga akan meminta Dinsos agar disabilitas tidak terkucilkan. Karena kalau dibina mereka juga bisa berprestasi dan bisa sejajar dengan yang normal," ucap Aa saat ditemui detikcom di ruang kerjanya, Jumat (3/7/2019).


Saat ini pun pihaknya tengah berkomunikasi dengan Yayasan Wyata Guna dalam hal pembinaan anak berkebutuhan khusus.

"Anak-anak disabilitas yang tidak mampu akan dibantu oleh pemerintah Bandung Barat. Dalam beberapa bulan kita selesaikan satu-satu, mulai dari KCIC, destinasi wisata, bedah jalan dan itu (pembinaan disabilitas)," ucapnya.

Ia pun mendesak agar pihak kepolisian mengusut pelaku aksi koboi yang membuat warga resah.

"Saya sangat menyayangkan dan sangat kecewa, pengamanan harus diperketat lagi apalagi ini yang mengatasnamakan oknum polisi, harus segera diusut oleh polisi," kata Aa.


Seperti diketahui, video aksi tersebut menjadi viral di media sosial Instagram. Tayangan berdurasi 59 detik itu pertama kali diunggah oleh akun @bdgsosmed. Dalam video yang diambil warganet dalam mobil tersebut menunjukkan ada tiga orang pria tengah beradu argumen di pinggir jalan, satu di antaranya diduga membawa pistol.

Asep Odik (54), tokoh masyarakat setempat, segera keluar dari rumahnya ketika mendengar dua kali suara letusan. Ia lantas melangkah ke arah sumber suara untuk memastikan apa yang terjadi.

"Saya tidak tahu apakah suara itu dari pistol atau bukan, suaranya mirip kembang api. Tapi masa kembang api di sore hari. Yang jelas, saat saya datang ada pria yang membawa pistol," ujar Asep, Senin (1/7/2019).

Ia menduga, kejadian ini dipicu karena pria tersebut tak terima saat remaja bernama Hamdan yang merupakan disabilitas mental tersebut menyodorkan gelas plastik bekas air mineral ke pengendara yang melintas. "Dia (pria berpistol) terus berteriak, 'saya ini polisi, saya ini polisi, ini pungli'," ucap Asep menirukan suara pelaku.

Asep sudah berusaha meredakan amarah pria tersebut. Kejadian itu rupanya tak berhenti di jalanan. Asep mengungkapkan pria bersenjata itu mengejar Hamdan yang ketakutan hingga ke halaman rumahnya yang berjarak sekitar 30 meter dari tempat kejadian.





Simak Juga 'Ngaku Polisi, Pria Berpistol Ancam Disabilitas di Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "KPK Tetapkan Bupati Bandung Barat Tersangka Pengadaan Barang COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(tro/tro)