Mantan Bos Astra TP Rachmat Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan dari ITB

Mukhlis Dinillah - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 14:25 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Institut Teknologi Bandung menganugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) kepada Theodore Permadi (TP) Rachmat atas kontribusinya terhadap perkembangan teknologi. Kiprahnya di industri manufaktur dianggap laik untuk mendapat gelar tersebut.

Pemberian gelar Doktor Kehormatan ini bertepatan dengan peringatan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia ke-99 tahun di Aula Barat, Kampus ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung, Rabu (3/7/2019). TP Rachmat menjadi sosok ke-13 yang mendapat gelar tersebut dari ITB.

Ketua Tim Promotor Prof Andi Isra Mahyudin mengatakan penganugerahaan gelar HC ini melalui proses panjang bermula dari adanya usulan kepada ITB. Kemudian ditindaklanjuti dengan peninjauan yang dilakukan oleh Pansus Senat Akademik.
Mantan Bos Astra TP Rachmat Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan dari ITBFoto: Mukhlis Dinillah

Hasil tinjauan itu kemudian dibentuk tim promotor di antaranya Prof Djoko Suharto, Prof Ida I Dewa Gede Raka, Prof Dr Muljo Widodo Kartidjo. Hingga akhirnya, TP Rachmat disetujui oleh ITB untuk menerima gelar Doktor Kehormatan.

"ITB memutuskan untuk memberikan Honoris Causa atas prestasinya yang membanggakan dan telah bermanfaat bagi bangsa. Seorang profesional dan pengusaha yang sangat peduli akan kesejahteraan, kemakmuran dan pendidikan," kata Andi dalam pidatonya.

Kiprahnya sebagai seorang profesional di industri manufaktur nasional khususnya bidang otomotif dan alat berat tak perlu diragukan lagi. Teddy sapaannya pernah berkarir puluhan tahun di PT Astra Internasional, bahkan pernah menjadi bos perusahaan otomotif tersebut.

Tak bisa dipungkiri perkembangan dan pertumbuhan Astra Grup terdapat campur tangan Teddy. Hal itu juga memicu pertumbuhan komponen yang saat ini berperan besar dalam mendukung industri otomotif nasional.

Di tengah merintis karirnya di PT Astra Internasional, alumni Teknik Mesin ITB angkatan 1961 itu juga ikut mendirikan PT United Tractors. Di bawah tangan dingin Teddy sapaannya, perusahaan alat berat ini berkembang pesat.

"Teddy menghadirkan inovasi ngineering values yang diadopsi melalui standarisasi proses dan budaya kerja mendukung efisiensi dan efektivitas dalam meningkatkan produktivitas. Ia berperan besar dalam menumbuhkan values perusahaan," tutur dia.

Selain pernah berkarir di Astra Grup dan United Tractor, Teddy juga pernah menjadi komisioner di PT Unilever Indonesia, komisioner PT Multi Bintang, Presiden Komisaris PT Adira Dinamika Multifinance. Lalu, Teddy juga mendirikan Triputra Grup dan menjabat Vice Chairman PT Adaro Energy hingga sekarang.

Teddy juga pernah memberikan sumbangsih pemikirannya dengan menjadi anggota Komite Ekonomi Nasional.

"Melalui perusahaan-perusahaan yang pernah dipimpin dan dirintisnya mampu menyerap sekitar 300 ribu tenaga kerja," ujar Andi.

Rektor ITB Kadarsah Suryadi mengucapkan selamat kepada TP Rachmat atas gelar Doktor Kehormatan tersebut. Ia berharap penganugerahaan yang diberikan kepada Teddy bisa menginspirasi generasi muda untuk juga berkontribusi kemajuan bangsa.

"Saya harap jadi contoh generasi penerus, saya mengharapkan gelar ini pendorong profesional dan entrepreneur memberikan kontribusi untuk kesejahteraan bangsa," ujar Kadarsah.
Mantan Bos Astra TP Rachmat Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan dari ITBFoto: Mukhlis Dinillah

Teddy mengaku tak pernah menyangka mendapat gelar Doktor Kehormatan dari ITB. Ia tak akan pernah melupakan momen bersejarah ini hingga akhir hayatnya.

"Tak pernah menyangka. Bagi saya penghargaan bukan main, dan tak akan dilupakan dalam hidup saya. Ini ketiga kalinya saya berada di Aula Barat ITB, pertama masuk kuliah 1961, kemudian wisuda 1968 dan sekarang gelar Doktor Kehormatan di sini juga," ujar Teddy.

Dalam kegiatan ini, dihadiri sejumlah tamu undangan termasuk Founder & Chairman of CT Corp Chairul Tanjung. CT yang mengenakan jas hitam duduk paling depan di antara ratusan tamu undangan. Usai acara, CT menyalami Teddy yang baru saja dianugerahi Doktor Kehormatan dari ITB.



Simak Video "Di Sidang Terbuka ITB, Jokowi Umumkan Indonesia Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/ern)