detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 14:55 WIB

Mengenal Ragam Kopi Khas Setiap Kecamatan di Festival Kopi Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Mengenal Ragam Kopi Khas Setiap Kecamatan di Festival Kopi Ciamis Festival Kopi Ciamis berlangsung hingga 4 Juli nanti. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Siapa sangka Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki kopi yang enak, berkualitas dan mampu bersaing. Kopi Ciamis dengan jenis robusta banyak dibudidayakan oleh petani di beberapa kecamatan. Sehingga memiliki beraneka ragam rasa yang khas.

Seperti terlihat di festival kopi oleh Ciamis Daily Coffe dalam kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis di Lapang Sadananya. Festival kopi ini digelar selama 4 hari mulai 1 Juli sampai 4 Juli 2019.


Berbagai jenis kopi dipamerkan dan dicicipi oleh warga Ciamis yang hadir. Mulai dari Kopi Panawangan, Kopi Ki Oyo, Kopi Kalijaya, Kopi Rajadesa, Kopi Gunung Sawal Cihaurbeuti, Kopi Panumbangan, Kopi Rancah, Kopi Cireong dan beberapa kopi lain yang mewakili setiap kecamatan. Nama kopi ini sesuai dengan daerah yang cocok untuk menanam kopi.

Selain bisa mencicipi kopi robusta khas Ciamis yang memiliki rasa enak, sedikit terasa asam tapi enak di perut ini, pengunjung juga bisa mempelajari cara mengolah kopi, dari mulai memanen, mengolah sampai menjadi biji hingga sampai bisa diseduh dan diminum.

Tujuan dari festival ini bertujuan untuk mengedukasi dan menunjukkan kepada warga bahwa Ciamis memiliki kopi dengan kualitas baik. Potensi pertanian kopi di Ciamis cukup tinggi, karena memiliki lahan luas dengan kondisi yang cocok.

Mengenal Ragam Kopi Khas Setiap Kecamatan di Festival Kopi CiamisFoto: Dadang Hermansyah

Saat pertama dibuka, ratusan warga sampai pegawai negeri dan para pejabat di Ciamis langsung mengunjungi stan festival kopi. Satu per satu produk kopi dicicipi sambil diiringi dengan live musik.

Anggota Ciamis Daily Coffee Galih Gufrani yang juga panitia menuturkan festival ini tujuannya untuk mengenalkan kopi Ciamis. "Kopi Ciamis memiliki karakter rasa yang khas dibanding dengan yang lain. Jenisnya robusta, memiliki karakter sedikit asam. Meski robusta tapi sedikit mirip arabika," ucap Galih saat ditemui di festival kopi, Selasa (2/6/2019).

Mulai tahun-tahun ini, kopi Ciamis dikenal masyarakat luas sampai luar daerah. Saat ini banyak ditemukan kedai-kedai kopi yang menggunakan kopi Ciamis terutama daerah tetangga yakni di Tasikmalaya.

"Dari Rancah sudah bisa memasarkan kopi Ciamis ke luar pulau, promosinya bagus, sudah sampai Sumatera sampai Kalimantan," kata Galih yang juga Barista Warung Cikopi.

Mengenal Ragam Kopi Khas Setiap Kecamatan di Festival Kopi CiamisFoto: Dadang Hermansyah

Sementara itu, salah seorang pengunjung Khairul Anwar Rizal menyebut festival kopi ini sangat bagus bisa mengenalkan kopi Ciamis ke masyarakat. Potensi kopi Ciamis sangat banyak, rasanya tak kalah dengan yang sudah tenar di wilayah lain.

"Hanya saja kopi di Ciamis kelemahannya di pengemasan dan pemasarannya masih kurang, perlu perhatian pemerintah untuk membantu para pelaku yang bergerak di kopi bisa lebih berkembang. Festival ini sangat bagus upaya pemerintah dalam mewadahi pelaku kopi di Ciamis. Ke depan harus festival tingkat nasional," ujarnya.

Simak Video "Serba-serbi Kopi Robusta di Festival Kopi Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com