Besok Festival KAA, Jalan Sekitar Gedung Merdeka Bandung Dialihkan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 28 Jun 2019 14:12 WIB
Lalu lintas sekitar Gedung Merdeka akan direkayasa selama acara berlangsung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Sejumlah ruas di kawasan Gedung Merdeka Bandung dialihkan sementara pada Sabtu 29 Juni 2019 besok. Pasalnya kawasan tersebut akan digunakan untuk kegiatan perayaan Festival Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Penutupan jalan dilakukan dari mulai persimpangan Tamblong sampai ke Cikapundung Barat," ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (28/7/2019).


Selain jalan di Asia Afrika, penutupan juga dilakukan di Jalan Braga (pendek) dan Jalan Sukarno. Di kawasan yang merupakan area Gedung Merdeka tersebut akan digunakan sebagai titik acara peringatan KAA.

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas bagi pengendara yang hendak menuju ke Jalan Sudirman atau Tegalega. Untuk menuju Sudirman, kendaraan dari arah simpang lima akan diarahkan menuju ke Jalan Tamblong-Jalan Veteran-Jalan Sunda-Jalan Sumbawa-Jalan Belitung-Jalam Sumatera-Jalan Aceh-Jalan Merdeka-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Suniaraja dan Jalan Sudirman.

Sementara untuk menuju kawasan Tegalega, kendaraan akan diarahkan menuju Jalan Lengkong Besar-Jalan Pungkur-Jalan Otista dan Tegalega.


Dalam kegiatan KAA ini, akan diisi berbagai acara. Salah satunya historical walk dari Pendopo hingga Palestine Walk. Selain itu, ada juga parade yang akan dilakukan tepat di Jalan Asia Afrika depan Gedung Merdeka.

Saat parade inilah Jalan Asia Afrika akan ditutup sementara waktu. "Pada saat rombongan pawai bergerak, penutupan sesaat saja. Apabila rombongan sudah melintas, arus lalu lintas dinormalkan," ucapnya.

Kasubag Humas Polrestabes Bandung Kompol Santhi Rianawati menambahkan pengalihan arus sementara ini akan dilakukan mulai pukul 6.00 WIB.

"Pengalihannya akan dilakukan dalam satu hari dimulai pukul 6.00 WIB sampai selesai," kata Santhi.

Simak Video "Wisata Edukasi di Museum Konferensi Asia Afrika Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/tro)