detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 16:20 WIB

Warga Tangkap 2 Ular Piton di Aliran Sungai Citarum

Wisma Putra - detikNews
Warga Tangkap 2 Ular Piton di Aliran Sungai Citarum Ular piton yang ditangkap warga. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Warga Ciparay Bandung digegerkan dengan kemunculan dua ekor ular jenis piton sanca kembang di aliran sungai. Dua ular itu langsung ditangkap warga di lokasi pengerukan Sungai Citarum, Kampung Bojongsari, RT 2 RW 2, Desa Mekarsari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Tubagus Muhammad alias Asep (39), warga yang menangkap ular, mengatakan dua piton itu ditangkap di balik rumput liar pada waktu dan hari berbeda.

"Ditemukan hari ini dan kemarin. Kemarin pukul 13.00 WIB, panjang ukuran ularnya sekitar 270 sentimeter. Pagi tadi pukul 08.00 WIB, ukuran ularnya sekitar 300 sentimeter," kata Asep kepada detikcom, Selasa (25/6/2019).

Lokasi kemunculan dua ular piton di aliran Sungai CitarumLokasi kemunculan dua ular piton di aliran Sungai Citarum. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kini dua ekor ular tersebut disimpan di rumah Tubagus. Ular ukuran 2,7 meter disimpan di boks plastik bekas, dan satu lagi disimpan di karung.

"Ularnya didapat dari pinggir sungai, menangkapnya dibantu sopir backhoe. Ular yang didapat ada dua ekor," ucapnya.

Ia mengungkapkan penemuan ular sanca bukan kali pertama ditemukan di area tersebut. "Di sini habitatnya masih ada, ini bukan yang pertama. Sebelumnya juga warga lainnya ada yang pernah menangkap ular jenis piton," tutur Asep.

Dua ular piton ini rencananya diberikan ke BBKSDA Jabar. "Mau diberikan ke pihak Kelestarian Alam (BBKSDA)," kata Asep.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com