Kisruh Pilrek Unpad, Calon Rektor Siap Cabut Gugatan

Kisruh Pilrek Unpad, Calon Rektor Siap Cabut Gugatan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Jun 2019 14:28 WIB
Kampus Unpad (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Kampus Unpad (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Calon rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Atip Latipulhayat mengajukan gugatan kepada Majelis Wali Amanat (MWA) dan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) soal pemilihan ulang rektor Unpad. Atip siap cabut perkara itu jika gugatannya dikabulkan.

"Kita sambut baik dan kita akan cabut gugatan," ucap koordinator kuasa hukum Atip, Rendi Anggara Putra, saat dihubungi, Selasa (25/6/2019).


Adapun gugatan yang dilayangkan Atip ke Pengadilan Negeri (PN) Bandung terhadap MWA dan Kemenristekdikti di antaranya memerintahkan tergugat I (MWA) untuk menghentikan persiapan pemilihan ulang Rektor Unpad sampai dengan perkara ini diputus dan memiliki kekuatan hukum mengikat.

Sementara dalam pokok perkara, menyatakan tergugat I (MWA) dan tergugat II (Kemenristekdikti) telah melakukan perbuatan melawan hukum. Memerintahkan kepada para tergugat secara tanggung renteng untuk mengganti kerugian materiel Rp 32 juta dan imateriel Rp 2 miliar.

Perkara ini sudah masuk pengadilan. Rencananya Menristekdikti M Nasir dan MWA yang di dalamnya termasuk Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara diminta hadir untuk proses mediasi di pengadilan.


Menurut Rendi, bila saat mediasi ini menemukan kesepakatan-kesepakatan atau gugatan dikabulkan, pihaknya siap mencabut gugatan. Namun bila tak disepakati, proses gugatan akan masuk ke sidang pemeriksaan perkara.

"Artinya kalau proses pengulangan dihentikan, proses yang sedang berjalan ini kita lihat seperti apa ke depannya. Nanti kita akan cabut gugatan," kata Rendi. (dir/bbn)