detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 20:15 WIB

PKB Siapkan Banyak Kader untuk Kursi Menteri di Kabinet Jokowi

Mukhlis Dinillah - detikNews
PKB Siapkan Banyak Kader untuk Kursi Menteri di Kabinet Jokowi Cak Imin saat halalbihalal di kantor DPW PKB Jawa Barat. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menyodorkan sebanyak-banyak kader untuk mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. PKB tentu menyerahkan sepenuhnya komposisi kabinet kepada Jokowi.

Sejauh ini, dalam Kabinet Indonesia Kerja, PKB sudah menempatkan tiga kadernya. Ada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.


Ketum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan capres Jokowi akan segera menggelar pertemuan dengan partai-partai pengusungnya pada Pilpres 2019. Dalam pertemuan itu nantinya bersifat masukan-masukan.

"Sejauh ini belum ada pembicaraan. Presiden bilang akan ada waktu khusus untuk semua stakeholder pendukung pak Jokowi diajak diskusi. Semua bersifat masukan," tutur Cak Imin, sapaannya, saat halalbihalal di kantor DPW PKB Jawa Barat, Jalan Ahamd Dahlan, Kota Bandung, Minggu (23/6/2019).

Menurutnya, PKB akan menawarkan sejumlah kader terbaiknya untuk membantu kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Meski ia belum bisa menyebutkan siapa saja kader yang disiapkan tersebut.

"Akan masukan (kader) sebanyak banyaknya, kita serahkan ke presiden. Insyaallah ada (dari Jawa Barat)," ucap Cak Imin.


Ia belum dapat memastikan posisi yang akan ditempati kadernya nanti. Namun, ia berharap Kemendes PDTT tetap dipegang oleh PKB.

"Semoga tidak terjadi (diambil partai lain). Moga-moga masih PKB," ujar Cak Imin.

Pada Pemilu 2019, selain mengantarkan kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin, perolehan suara PKB juga meningkat. PKB menempatkan 58 kadernya di Senayan.
(mud/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed