detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 12:07 WIB

KNKT Investigasi Insiden Malindo Air Tergelincir di Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
KNKT Investigasi Insiden Malindo Air Tergelincir di Bandung Pesawat Malindo Air tergelincir di Bandara Husein Sastranegara. (Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Penyebab tergelincirnya pesawat Malindo Air nomor penerbangan OD-301 rute Bandung-Kuala Lumpur di Bandara Husein Sastranegara belum diketahui secara pasti. Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) turun tangan menyelidiki.

"Kejadian kemarin masih dalam tahan investigasi oleh tim dari KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi)," kata Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman, saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jumat (21/6/2019).


Untuk pesawatnya Malindo Air yang tergelincir, kata dia, saat ini sudah ditempatkan di salah satu hanggar. Nantinya pesawat tersebut akan dilakukan pemeriksaan oleh KNKT untuk mengetahui penyebab insiden tersebut.

"Pesawatnya sendiri sekarang sudah diparkirkan di hanggar, untuk nantinya diinvestigasi (oleh KNKT) baik lokasi (kejadian) maupun pesawatnya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Malindo Air dengan nomor penerbangan OD-301 rute Bandung-Kuala Lumpur tergelincir di Bandara Husein Sastranegara, Kamis (20/6/2019) siang kemarin. Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam kejadian tersebut.

"Seluruh penumpang aman, tidak ada yang luka, kru juga aman," ucap Komandan Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara, Kolonel Pnb Bonang Bayuaji, Kamis (20/6/2019).


Pesawat yang tergelincir itu membawa 122 orang terdiri 114 penumpang dan delapan anggota kru. Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro memastikan seluruh penumpang, termasuk kru pesawat, selamat.

"Malindo Air meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan ingin menegaskan kembali bahwa Malindo Air mengutamakan faktor keselamatan sebagai prioritas utama," kata Danang.





Simak Juga 'Malindo Air Tergelincir di Bandung, Ini Penjelasan Danlanud Husein':

[Gambas:Video 20detik]


(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com